Portal DIY

PMI Sleman Selenggarakan Khitan Massal Cuma-cuma

19
×

PMI Sleman Selenggarakan Khitan Massal Cuma-cuma

Sebarkan artikel ini
PMI Sleman Selenggarakan Khitan Massal Cuma-cuma
Ketua PMI Sleman DR dr Sunartono, M.Kes didampingi Ketua IDI Sleman dr Rino Rusdianto, M.Sc, Sp.Rad berbincang dengan anak yang akan di khitan (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Dalam rangka bulan bhakti klinik pratama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman dan Hari Bkati Dokter, PMI Sleman bersama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupoaten Sleman menggelar bhakti sosial khitanan massal, Sabtu (24/6/2023).

Pesertanya melebihi target, yang antara lain karena waktunya bertepatan dengan waktu libur sekolah.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam khitanan massal yang diselenggarakan di gedung bekas Klinik kesehatan Hitayuana Sleman ini, semula pesertanya ditargetkan sebanyak 50 anak, warga sekitar markas PMI Sleman.

Namun realisasinya bisa melebihi target, yakni mencapai 57 peserta. Sedang juru kitanya, adalah para dokter anggota IDI Sleman.

Menurut Sunartono, penyelenggaraan khitan massal ini, selain untuk meringankan beban masyarakat disaat harga berbagai jenis obat mengalami banyak kenaikan, juga sebagai sarana untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai keberadaan gedung bekas Klinik Hitayuana Sleman.

PMI Sleman Selenggarakan Khitan Massal Cuma-cuma

Sebab, ada rencana gedung bekas klinik Hitayuwana ini akan difungsikan untuk Klinik Pratama PMI Sleman, mengingat keberadaan klinik pratama PMI Sleman yang ada saat ini ruanganya tergolong sangat sempit.

Mengenai dipilihnya waktu pelaksanaan pada musim libur, dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi anak-anak dalam memanfaatkan musim libur.

“Karena pelaksanaanya musim libur tersebut maka tak mengherankan jika dalam acara khitan massal ini pesertanya bisa melebihi target yang ditentukan,” kata Sunartono.

Sementara itu, Ketua IDI Sleman, dr Rino Rusdianto, M.Sc, Sp.Rad mengatakan bahwa dalam memperingati Hari Bhakti Dokter ke 115 tahun 2023 ini, IDI telah menyelenggarakan berbagai kegiatan bhakti sosial yang pelaksanaanya menggandengn dengan berbagai pihak.

“Sedangkan kerjasama yang dilakukan dengan PMI Sleman, selain mengadakan bhakti sosial khitanan massal, juga mengadakan donor darah yang telah dilakukan beberapa hari lalu,” kata Sunartono. (Brd)