Portal Jateng

PLUT Jateng Fasilitasi Pembuatan NIB Pelaku UMKM di Banyumas

18
×

PLUT Jateng Fasilitasi Pembuatan NIB Pelaku UMKM di Banyumas

Sebarkan artikel ini
PLUT Jateng Fasilitasi Pembuatan NIB Pelaku UMKM di Banyumas
Kegiatan pembuatan NIB (Sugito/Portal Indonesia)

BANYUMAS – Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) mendapatkan pelayanan pembuatan Nomor Induk Berusaha ( NIB ) secara gratis dari Pusat Layanan Usaha Terpadu ( PLUT ) Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan yang di pusatkan di Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas pada Kamis (25/5/2023), diikuti puluhan pelaku UMKM yang dengan sabar mengantri datanya di input oleh fasilisator dari PLUT Provinsi Jateng untuk dibuatkan NIB secara gratis

Dalam sambutannya Koordinator dari PLUT Jateng, Agus Rahmat Nurwidodo, SE menyampaikan, PLUT mempunyai tiga peran penting bagi pelaku usaha :
Konsultasi, Fasilitasi dan Pendampingan.

Konsultasi yang dimaksud untuk para pelaku UMKM jika mempunyai masalah usaha bisa berkonsultasi ke kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dengan alamat Jl. Senopati Dukuh Waluh Purwokerto.

“PLUT mempunyai peran fasilitasi perijinan bagi pelaku usaha seperti pembuatan NIB,P IRT,Prodak Halal ,pelatihan -pelatihan, serta melakukan pendampingan ke pelaku usaha yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas ,Purbalingga ,dan Cilacap,” terang Agus

PLUT Jateng Fasilitasi Pembuatan NIB Pelaku UMKM di Banyumas

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa, pendampingan ke pelaku usaha biasanya diawali dengan konsultasi dulu ,contoh konsultasi tentang fasilitasi permodalan ,IT, pemasaran prodak , legalitas, NIB, P IRT, Halal, bidang produksi dan lain- lain.

“Jadi PLUT ibaratnya merupakan salah satu rumah sakit pelaku usaha ,dengan harapan para pelaku usaha akan lebih maju UMKM naik kelas.Dijelaskan pula bahwa salah satu indikator pelaku usaha pengin maju mau mengurus ijin usaha karena dengan mempunya ijin usaha sangat menunjang pemasaran ,” jelasnya.

Imam Kasi Kesra Kecamatan Kalibagor yang turut hadir menyampaikan ,pertemuan para pelaku usaha untuk membuat NIB sangatlah penting karena sebagai legalitas usaha ,dan sekarang sangat dimudahkan untuk membuat NIB dengan system online

“Di Desa Pekaja banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah ,banyak pengusaha tetapi tidak tahu cara mengurus legalitas usahanya sehingga dengan adanya fasilisator dari PLUT Jateng sangat membantu kemudahan pembuatan NIB ,” kata Kades Suyatno.

Ketua BPD Suharso yang ikut antri membuat NIB ketika ditemui awak media portal Indonesia ,sangat mengapresiasi ke pemdes dan berharap pelaku usaha agar lebih maju cara usahanya.

Dari data Korcam Aspikmas Kalibagor Yuning Prabakti,pelaku UMKM yang hari ini membuat NIB secara masal di Pekaja sudah terinput tujuh puluh NIB yang sudah jadi selebihnya yang belum jadi akan di input dikantor PLUT. (Git)