PKS DIY Gelar Syawalan dan Tasyakuran Milad ke-20

PKS DIY Gelar Syawalan dan Tasyakuran Milad ke-20
Hidayat Nur Wahid saat menyampaikan hikmah syawalan (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid hadir memberikan hikmah syawalan dan tasyakuran Milad PKS ke-20 di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta, Sabtu (28/5/2022). Syawalan yang diselenggarakan DPW PKS DIY tersebut juga mengundang tokoh masyarakat dan alim ulama.

Hidayat Nur Wahid mengawali dengan menyampaikan titipan salam dari Habib Dr Salim selaku Ketua Majelis Syuro PKS. Selanjutnya mengetengahkan hakekat syawalan yang digelar PKS di masing-masing daerah di seluruh Indonesia.

Menurut dia, itu menegaskan bahwa PKS adalah bagian sejarah Indonesia, bagian dari budaya umat Islam di Indonesia. Dan bagian dari kebersamaan dengan seluruh warga Indonesia. Diharapkan hal ini bisa menghilangkan kesalahpahaman terhadap PKS.

Wakil Ketua MPR RI ini juga menyampaikan tentang hakekat ucapan “minal aidin wal faizin” yang secara tradisi diucapkan umat Islam di Indonesia di momen Idul Fitri.

“Kita diingatkan bahwa kita adalah umat yang tidak sekedar ‘aidin’. Yang artinya pulang kampung atau kembali ke kondisi sebelum Ramadhan,” tutur Hidayat Nur Wahid.

Tapi, lanjut dia,  kembali ke fitrah Islam. Yaitu membawa ke “faizin”, kemenangan. “Tentu kemenangan yang menghadirkan kebaikan untuk semua,” jelasnya.

Ketua DPW PKS DIY, Agus Mas’udi sebelumnya mengatakan, sesuai tradisi syawalan, momen syawalan dilakukan DPW PKS DIY sebagai bentuk rasa syukur. Karena telah melalui ibadah puasa Ramadhan sekaligus saling bermaafan.

Silaturahmi juga disebutkan menjadi semangat DPW PKS DIY dalam gelaran syawalan kali ini. “Kita ingin silaturahmi antar elemen masyarakat tidak terputus dan semakin rekat,” harapnya.

Agus Mas’udi dalam sambutannya juga memperkenalkan kembali logo PKS yang baru. “Warna orange itu lambang melayani, dan bentuk lingkaran sebagai simbol agar kita merangkul semua dan lebih dinamis,” ujar dia.

Ketua DPW PKS DIY yang akrab disapa Gus’ud ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat, terutama para tokoh dan alim ulama yang hadir atas dukungannya kepada PKS. “PKS adalah partai kita semua. Maka agar partai ini bisa lebih bermanfaat, kami membutuhkan banyak masukan, kritikan, nasehat dari bapak-ibu semuanya,” pinta dia. (bams)

error: