Portal Jatim

Pileg 2024, Bacaleg Kaum Milenial dan Perempuan PKS Situbondo Siap Bertarung

15
×

Pileg 2024, Bacaleg Kaum Milenial dan Perempuan PKS Situbondo Siap Bertarung

Sebarkan artikel ini
Pileg 2024, Bacaleg Kaum Milenial dan Perempuan PKS Situbondo Siap Bertarung

SITUBONDO – Para bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Situbondo didominasi kaum milenial. Hal tersebut, diketahui ketika DPD PKS mengajukan persyaratan pencalonan dan syarat bakal calon anggota DPRD Situbondo ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo di Jalan Cendrawasih N0.32 Situbondo, Jumat (12/5/2023).

Dalam pengajuan persyaratan bakal calon anggota DPRD Situbondo tersebut, Ketua dan Pengurus serta Bacaleg DPD PKS Kabupaten Situbondo berjalan kaki dari Alun Alun Situbondo menuju ke Kantor KPU di Jalan Cendrawasih. “Berdasarkan pemeriksaan tim KPU, berkas atau persyaratan 45 bacaleg Partai Keadilan Sejahtera Situbondo dinyatakan lengkap dan benar,” jelas Ketua DPD PKS Situbondo, Budi Setyono saat memberikan keterangan pers di kantor KPU Situbondo.

Ketua DPD PKS Kabupaten Situbondo juga mengucapkan rasa syukur, karena persyaratan pencalonan dan syarat bakal calon anggota DPRD Situbondo dari PKS yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo dinyatakan lengkap dan benar. “Alhamdulillah, dalam pendaftaran ini berkas dan persyaratan bacaleg PKS Situbondo dinyatakan lengkap dan benar oleh KPU Situbondo.

Dari 45 bacaleg PKS, ada 46 persen bacaleg milenial dan 30 persen kuota perempuan yang siap bertarung pada pesta demokrasi pemilihan umum anggota legislatif tahun 2024 mendatang. “Alasan kami memilih bacaleg kaum milenial karena jumlah kaum milenial di Kabupaten Situbondo cukup besar menjadi penarik pemilih pemula. Harapan kami dengan bacaleg milenial ini, di 7 dapil masing-masing bacaleg mendapat satu kursi,” ujarnya,

Budi mengatakan bahwa, politik itu asyik dan tidak selamanya politik itu kotor serta politik itu pengabdian, makanya DPD PKS menerjunkan bacaleg milenial, karena pengabdian kaum milenial lebih tinggi.

”Semoga dengan bacaleg milenial, dua kursi PKS di DPRD Situbondo bisa bertambah. Strategi untuk mendulang suara pada Pemilu Legislatif tahun 2024 mendatang, kami serahkan kepada kaum milenial karena mereka yang lebih tahu cara menarik suara dari pemilih pemula,” pungkasnya.

Mekanisme pengajuan persyaratan pencalonan dan syarat bakal calon anggota DPRD Situbondo ke Komisi Pemilihan Umum yang diajukan Partai Keadilan Sejahtera sudah sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang pencalonan. “Setelah kita cek di Aplikasi Silon dan hard copy berkas dinyatakan lengkap dan benar, kita memberikan tanda terima pendaftaran,” jelas Iwan Suryadi SH, Divisi Teknis Penyelenggaraan pada KPU Situbondo.(Via/Kim)