Portal Jatim

Pertama Kali, Pemkot Pasuruan Lelang Dini Sejumlah Proyek, Diantaranya Masjid Nuansa Mekkah

72
×

Pertama Kali, Pemkot Pasuruan Lelang Dini Sejumlah Proyek, Diantaranya Masjid Nuansa Mekkah

Sebarkan artikel ini
Pertama Kali, Pemkot Pasuruan Lelang Dini Sejumlah Proyek, Diantaranya Masjid Nuansa Mekkah
Desain bangunan gedung masjid bernuansa mekkah, di wilayah Kelurahan Krampyangan

KOTA PASURUAN — Sebagai bentuk komitmen dan keseriusannya dalam membangun daerah yang lebih maju dan berkembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan, Jawa Timur, mempercepat proses lelang beberapa proyek pekerjaan lebih awal di akhir 2023 dan awal 2024 ini.

Dijelaskan oleh Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), kurang lebih ada lima proyek pekerjaan prioritas yang saat ini sudah memasuki proses lelang di Badan Layanan Pengadaan (BLP) melalui LPSE Kota Pasuruan, diantaranya bangunan gedung kantor (kawasan Mekkah).

“Alhamdulillah, akhir tahun kita sudah lelang dini ada tiga dan awal tahun ada dua. Hebat, ini mungkin pertama kali di jawa timur kalau saya nggak salah. Keren ini”, ucap Walikota Gus Ipul, saat meninjau ke alun-alun beberapa hari lalu.

Pertama Kali, Pemkot Pasuruan Lelang Dini Sejumlah Proyek, Diantaranya Masjid Nuansa Mekkah
Lokasi yang akan dibuat taman tematik krampyangan

Menurut Gus Ipul, lelang dini tersebut merupakan proses yang pertama kali dilakukan terutama dilingkungan Pemkot Pasuruan bahkan menurutnya ditingkat Provinsi Jawa Timur.

Diketahui, bahwa proyek pembangunan Taman Tematik Krampyangan salah satunya Masjid bernuansa Mekkah di daerah Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan itu, rencananya akan dikerjakan di akhir Februari hingga awal Maret 2024 mendatang.

“Pekerjaan di segmen ketiga ini taman Mekkah, dan berharap ini bisa selesai tepat waktu siapapun pemenangnya karena prosesnya sudah ada. Juga harus komitmen, target kita September diresmikan”, tegas Walikota Gus Ipul.

Diketahui, bahwa pengerjaan di segmen pembangunan Masjid berkonsep Mekkah lengkap dengan miniatur Ka’bah senilai pagu 14,8 miliar rupiah itu bersumber dari APBD 2024 melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan.

Tujuan dibangunnya kawasan Mekkah di sisi timur Kota Pasuruan tersebut, adalah untuk pemerataan sebuah pembangunan khususnya di bidang kepariwisataan yang terintegritas.

Secara keseluruhan, Taman Tematik Krampyangan itu meliputi taman olahraga, taman bermain anak, taman agrowisata, dan rest area untuk tempat parkir.

Bukan hanya kawasan Mekkah, kedepan Pemkot Pasuruan juga berkeinginan untuk membangun sebuah masjid apung yang berlokasi di pesisir pantai utara area Pelabuhan Kota Psuruan.

“Ini sudah masuk kajian, setelah itu DED dan baru masuk lelang. Kurang lebih luasan lahan satu hektar, dan kita akan kerja sama dengan Pelindo karena menyusuri ke laut”, pungkasnya. (Eko)