Peringati Hari Jadi Majapahit Ke – 729, DPC LP2BN Kota Pasuruan Antusias Hadir

waktu baca 2 menit
Minggu, 20 Nov 2022 15:39 0 23 Redaksi

KOTA PASURUAN – Dalam Rangka Hari Jadi Jejak Wilwotirto Majapahit yang ke 729 tahun, rombongan  anggota DPC LP2BN (Lembaga Pelindung Pelestari Budaya Nusantara) Kota Pasuruan antusias hadir ikut kegiatan berangkat pagi 07:30 WIB menggunakan Mobil1 elf dan 2 mobil pribadi. Sabtu (19/11/2022)

Turut serta Eko susiono selaku Ketua Bidang Organisasi LP2BN DPD Jatim dan Jajaran Para Senior Anggota LP2BN Kota Pasuruan, Anderias Wuisan SE. SH dari LBH Mukti Pajajaran serta Rubani tokoh dari PDI Perjuangan.

Dalam perjalanan menuju lokasi Pendopo Agung Trowulan Mojokerto rombongan LP2BN singgah dahulu ke situs-situs Sejarah Peninggalan Nenek Moyang, Salah satunya:

  • Wisata Budha Tidur Di Jl Raya Trowulan Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.
  • Petilasan Tribuana Tungga Dewi Di Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.
  • Petilasan Hayam Wuruk Di Dusun Panggih Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.
  • Tambak Segaran Di Dukuh/Desa/Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Dan Masih Banyak Lagi Peninggalan Sejarah yang berada di wilayah Kabupaten Mojokerto. Karena waktu yang terbatas kegiatan acara akan di laksanakan pukul 12:00 WIB rombongan pun menuju Pendopo Agung Trowulan.

Menurut Eko Susiono kepada media Portal Indonesia “Sebenarnya masih ada lagi yang mau di kunjungi di antaranya Siti Inggil, Makam Jumadil Kubro Troloyo, Candi Brau, Candi Tikus dan Candi Bajang Ratu”

Peringati Hari Jadi Majapahit Ke – 729, DPC LP2BN Kota Pasuruan Antusias Hadir

“Nanti di belakang acara (pendopo agung) ada petilasan Patih Gajah Mada kita sekalian mengunjungi Panggung Agung tempat bertapa Eyang Raden Wijaya dan tempat Ikrar Sumpah Amukti Palapa Eyang Patih Gajah Mada” beber eko susiono.

Sesampai di lokasi sekitar pukul 15:30 WIB datang Iring-iringan Kirab yang startnya dari siti inggil menuju Pendopo Agung membawa Tumpeng sangat di padati warga sekitar untuk melihat Kirab Agung Budaya Niswantoro dan pengesahan Kusnadi SH.M.Hum sebagai ketua Bapak Budaya.

Nampak ribuan pengunjung para pegiat cagar budaya LP2BN di Indonesia yang hadir meliputi wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan daerah lainnya.

Harapan Eko Susiono dengan adanya kegiatan ini pada masyarakat supaya menguri-nguri (menghidup-hidupkan) Budaya Leluhur yang ada di bumi ini, yang perlu di lestarikan sampai kapan pun dan masyarakat mengetahui sangat banyak peninggalan bersejarah di jawa timur.

Eko Susiono mengucapkan “Selamat kepada bapak Kusnadi  SH.M.Hum yang telah dinobatkan sebagai bapak Budaya Jawa Timur, semoga Kebudayaan di Indonesia khususnya Jawa timur semakin sukses dan Jaya Selalu”.(Saichu)

Redaksi

Media Siber Nasional Portal Indonesia yang menyajikan Berita Terkini dengan slogal Mengupas Berita Seputar Fakta

IKLAN MUBAR

IKLAN SITUBONDO

IKLAN KPU MUBAR

IKLAN KOTA PASURUAN

IKLAN BONDOWOSO

IKLAN BONDOWOSO

IKLAN BONDOWOSO

IKLAN DPRD SIDOARJO

IKLAN PDAM SIDOARJO

IKLAN PASURUAN

IKLAN DPRD MUBAR

error: