Peringati HAKORDIA 2021,Gubernur Jatim : Pesantren merupakan ujung tombak dalam pencegahan Korupsi

Peringati HAKORDIA 2021,Gubernur Jatim : Pesantren merupakan ujung tombak dalam pencegahan Korupsi
Foto Bersama Forkopimda Jatim pada saat memperingati Hari Anti korupsi di Bumi Sholawat Kecamatan Lebo Sidoarjo

SIDOARJO –  Peringatan Hari Anti korupsi sedunia 2021 yang di gelar di Pondok Bumi Sholawat Kecamatan Lebo Sidoarjo Senin ( 13/12/2021) dengan tema ” Satu padu Bangun Budaya Anti korupsi ” .

Sementara itu hadir dalam Acara tersebut Gubernur jawa timur Khofifah Indar parawansah , Wakil Pangdam V Brawijaya di wakili oleh Kolonel Infanteri Parawita,Wakil DPRD Jawa timur dan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, serta KH. Agoes Ali pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Shalawat Lebo Sidoarjo,serta Ketua Pemberantasan korupsi ( KPK ) Komjen Firli Bahuri secara virtual.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri menyampaikan, apresiasi untuk pemerintah provinsi Jawa Timur, yang memiliki semangat untuk menjadikan korupsi sebagai musih bersama.

“Kami menyampaikan apresiasi, Jawa Timur adalah yang memiliki semangat yang sama dengan KPK. Dan segenap pemerintah provinsi, kementrian lembaga yang sama-sama kita punya tekad sama. Menjadikan korupsi sebagai musuh bersama kita. Jadi korupsi adalah musuh kita bersama,” urainya.

“Tetapi punya tujuan yang sama, memajukan kesejahteraan umum. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut aktif memelihara ketertiban dunia” ucapnya.

Selain itu, Ketua KPK Juga mengatakan kenapa temanya satu padu bangun budaya anti korupsi? Karena undang-undang korupsi sudah ada, penegak hukum sudah ada, regulasinya sudah sangat cukup, lembaga-lembaga juga sudah disiapkan. Tetapi kenapa tindak pidana korupsi masih saja ada.

“Salah satunya adalah karena budaya antikorupsi belum hidup dan bersembunyi serta berkembang, menopang di dalam setiap jiwa dan semangat seluruh anak bangsa,” tandasnya.

“Pada kesempatan ini pun kami sungguh merasa prihatin karena Jawa Timur saat ini sedang menghadapi suatu bencana, yang salah satu juga dari sekian banyak persoalan kebangsaan” ujarnya.

Tetap semangat seluruh anak-anak bangsa yang ada di Jawa Timur. Katakan untuk saat ini bahwa kita mampu menyelesaikan persoalan-persoalan kebangsaan.

“Kami berharap dan mengajak kita semua, marilah kita berkarya untuk rakyat, bangsa, dan negara. Kita serahkan diri kita, semangat kita, komitmen kita, untuk mengabdi kepada negeri, bebaskan NKRI dari praktek-praktek korupsi,” pungkasnya .

Sedangkan Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansah dalam sambutanya mengatakan korupsi adalah musuh kita bersama,karena itu kita harus bersih dari korupsi ,dalam momen Hari Anti korupsi dunia ( HAKORDIA ) ini sebagai momentum sebagai pembelajaran kedepanya dan Pesantren merupakan pencegahan anti korupsi dari usia dini” urainya

” Selain itu korupsi tercetus karena adanya kesempatan dan penyimpangan moral meskipun sudah diatur oleh undang-undang dan penegakan hukum yang berlapis, maka harus kita harus menjaga seluruh sendi sendi di negeri ini untuk tidak korupsi dan bebas dari korupsi” paparnya.

” Tidak lupa kami mengucapkan Terima kasih karena HAKORDIA tahun ini di gelar di Pondok pesantren dimana terbukti bisa mendidik santri mempunyai pembelajaran akhlak dan moral untuk membangun nilai nilai kejujuran baik bertindak ataupun bersikap” ucapnya.

Sementara itu Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor Ali dalam sambutanya mengucapkan kami mengucapkan terima kasih pada Ibu Gubernur dimana sudah memerikan kepercayaan pada pondok pesantren sebagai tempat belajar dalam menerapkan pendidikan anti korupsi” katanya.

” Selain itu Pondok pesantren merupakan ujung tombak pencegahan dan pemberantasan kedepanya” pungkasnya.

Sedangkan pimpinan Bumi Sholawat KH Agoes Ali Mashuri mengatakan dalam sambutanya Korupsi merupakan bentuk penyimpangan moral, karena itu kita harus melakukan pencegahan dan kesadaran diri

Selanjutnya gus Ali memberikan pepatah ” Jika anda tidak menyibukkan diri pada kebenaran maka anda disibukkan dengan kebatilan ” katanya .

error: