Perayaan Paskah dan Belajar Mengolah Sampah di Padepokan Restu Bumi

Perayaan Paskah dan Belajar Mengolah Sampah di Padepokan Restu Bumi
Perayaan Paskah di Padepokan Restu Bumi (Ist)

JAKARTA – Business Development Rapel Indonesia Christopher Nugroho mengatakan Perayaan Paskah serta belajar mengelola dan mengolah sampah dilangsungkan di Padepokan Restu Bumi, Ciracas, Jakarta Timur.

Kegiatan itu merupakan bagian dari program Green Easter yang diselenggarakan Komisi Keadilan dan Perdamaian KAJ dan dihadiri Seksi Lingkungan Hidup Paroki se-KAJ.

“Pengelolaan sampah organik di Padepokan Restu Bumi dapat menjadi contoh dan model pengelolaan sampah yang baik. Warga telah melakukan pemilahan sampah di rumahnya masing-masing,” kata Christopher dalam siaran persnya, Minggu (24/4/2022).

Perayaan Paskah dan Belajar Mengolah Sampah di Padepokan Restu Bumi
Belajar kelola sampah (Ist)

Dijelaskan bahwa sampah organik diolah menjadi kompos dan pakan Maggot BSF. Kompos digunakan  memupuk tananam buah dan sayur-sayuran. Maggot BSF dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan unggas. Sedangkan sampah anorganik diserahkan ke bank sampah untuk selanjutnya dikirim ke perusahaan daur ulang.

“Dengan cara ini, maka hampir semua sampah yang dihasilkan setiap rumah tangga dapat dikelola dan hanya sebagian kecil dikirim ke TPA,” tuturnya.

Pemilahan sampah sejak dari sumbernya, menurut Chris, merupakan solusi terbaik dalam upaya mengatasi permasalahan sampah. “Sampah yang dipilah akan dapat dimanfaatkan serta bernilai ekonomis,” jelas Chris. (*/bams)

error: