Penuhi Panggilan Penyidik sebagai Saksi Pelapor Akun FB Husain, Begini Penjelasan Ketua GP Ansor Situbondo

Penuhi Panggilan Penyidik sebagai Saksi Pelapor Akun FB Husain, Begini Penjelasan Ketua GP Ansor Situbondo
Foto dari kiri, Ketua GP Ansor Situbondo, Yogie Kripsian Syah, didampingi Sekretaris LBH GP Ansor Situbondo, Fathor Zainullah, saat di Mapolres Situbondo.(Photo. Istimewa)

SITUBONDO — Setelah melaporkan terkait unggahan akun FB Husain yang menyebarkan konten video aliran sesat dan mencatut nama Kabupaten Situbondo beberapa waktu lalu (Senin, 11 April 2022), Ketua GP Ansor Situbondo, Yogie Kripsian Syah, mendapat panggilan penyidik Polres Situbondo, Jawa Timur.

Yogie Kripsian Syah Ketua GP Ansor Situbondo, saat dikonfirmasi portal-indonesia com mengenai hal tersebut, membenarkannya.

“Iya mas, kemarin (Jumat, 15 April 2022) datang ke Polres Situbondo. Kedatangan saya adalah memenuhi panggilan untuk dimintai keterangan oleh penyidik sebagai saksi pelapor terkait dengan akun FB Husain yang menyebarkan konten video bertulisan ‘G3MP4R D4TANG1 4J4R4N S3S4T KY4I SY4R1F S1TUBONDO’. Selama kurang lebih 2 jam saya dimintai keterangan oleh penyidik di ruang Kanit II Polres Situbondo,” beber Yogie, Sabtu (16 April 2022)

Ketika datang ke Polres Situbondo, Yogie mengatakan bahwa dirinya didampingi oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Situbondo.

“Saya didampingi teman-teman dari LBH Ansor, kebetulan yang dampingi kemarin mas Fathor Zainullah Sekretaris LBH Ansor,” ujar Yogie.

Disinggung untuk proses selanjutnya, Yogie mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke aparat penegak hukum Polres Situbondo.

“Nantinya apakah pengunggah video tersebut bisa dijerat hukum atau tidak, kami pasrahkan sepenuhnya kepada penegak hukum Polres Situbondo.”

“Yang terpenting bagi GP Ansor Situbondo untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak sembarangan mengunggah konten-konten video yang membuat resah publik,” jelas Yogie.

Yogie menjelaskan bahwa, akun FB Husain yang mengunggah konten video Gus Idris yang diberi tulisan ‘G3MP4R D4TANG1 4J4R4N S3S4T KY4I SY4R1F S1TUBONDO’ saat ini sudah tidak aktif atau dihapus. “Akun FB Husain sudah tidak bisa dilacak, mungkin sudah dihapus,” kata Yogie.

Yogie juga menjelaskan bahwa, pemilik video asli Gus Idris klarifikasi atau tabayun ke Situbondo. “Saya mendapat informasi dari rekan GP Ansor Jawa Timur bahwa Gus Idris pemilik video asli tersebut akan tabayun ke Situbondo menemui pengurus GP Ansor Situbondo,” terang Yogie.

Yogie berharap kepada masyarakat Situbondo agar selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial.

“Hati-hati mengunggah konten vidoe dan lainnya di medsos,” pungkasnya. (Kim)

error: