Pentingnya Peran Pemuda Dalam Persatuan dan Kesatuan Membangun Bangsa

Pentingnya Peran Pemuda Dalam Persatuan dan Kesatuan Membangun Bangsa
Suryadi, Ketua Karang Taruna Kota Malang

MALANG RAYA,- Dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda,Ketua Karang Taruna Kota Malang, menulis tentang pentingnya peran pemuda dan mengajak bersama membangun bangsa dalam bingkai Persatuan dan Kesatuan. Inilah yang dia tulis :

Dalam menyambut Hari sumpah Pemuda Ketua Karang Taruna Kota Malang mengajak seluruh Pemuda Kota Malang untuk bersatu padu dalam memerangi berberapa hal:

  1. Persoalan – persoalan sosial dan kesenjangan sosial terutama dalam aspek kemiskinan ekstrim
  2. Ruang pengangguran terbuka diperkotaan yang tinggi
  3. Memerangi Narkoba
  4. Menakar kemandirian ekonomi
  5. Memerangi Kejahatan kriminal dalam bentuk apapun yang merugikan banyak orang
  6. Memerangi setiap informasi Hoax dan berita falsu – falsu
  7. Mengajak para pemuda untuk bersatu padu membangun Kota Malang untuk dunia

Merujuk pada persoalan-persoalan diatas, Saya juga mengajak kaum pemuda khususnya kalangan melenial untuk ikut ambil bagian dan ikut andil dalam kegiatan kanca politik yang pada politik sejatinya adalah dalam rangka menata kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat serta dalam segala hal yang hadir dalam siklus kehidupan.

Saya mengajak para pemuda Kota Malang bukan hanya bisa bergaya tapi lakukan karya, Termasuk juga Ayo para pemuda Kota Malang untuk mampu melek politik kekinian, Peduli terhadap keadaan Politik Baik tingkat nasional maupun keadaan Politik di tingkat daerah.

Sudah saatnya Para Pemuda Kota Malang untuk tampil dengan gagasan – gagasan ideologis, perbanyak ajang diskusi – diskusi yang membangun, menjaga marwah demokrasi di Kota Malang dan jangan justru terhanyut pada kegiatan – kegiatan yang selalu bersifat pragmatisme dan kegiatan serimoneal belaka.

Seiring dengan peran pemuda pada saat tercetusnya Sumpah Pemuda pada tahun 1928 silam, Pemuda yang kita kenal sebagai tonggak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam keterlibatannya atas perjuangan bangsa menjadi merdeka.

Kemudian Peran dan keterlibatan pemuda dalam pembangunan sangat dibutuhkan oleh suatu daerah ataupun bangsa maka tak terpungkiri bahwa Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang beranggotakan para pemuda ditingkat Kota/Kel/desa/RW juga sangat dibutuhkan perannya dalam pembangunan khususnya dibidang sosial kemasyarakatan.

Karang Taruna sudah diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, sebagai organisasi sosial kemasyarakatan mempunyai peran sangat penting dalam masyarakat yang merupakan pilar kekuatan di dalam pembangunan baik di tingkat Kota/desa/kelurahan dan seluruh tingkatan.

Terakhir, saya mengucapkan Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda.
Bersatu, Bangkit dan Tumbuh.

Malang (28/10/2021)
Ketua Karang Taruna Kota Malang.
Suryadi S.Pd.M.M

Tinggalkan Balasan

error: