Pengumuman Lulusan SMA Suasana Lebaran, Siswa di Ponorogo Dilarang Konvoi

Pengumuman Lulusan SMA Suasana Lebaran, Siswa di Ponorogo Dilarang Konvoi
Foto: Ilustrasi (istimewa)

PONOROGO – Kelulusan bagi pelajar tingkat SMA akan diumumkan secara online pada tanggal 5 Mei 2022 mendatang. Pengumuman via online ini sama seperti dua tahun yang lalu dimana masih masa pandemi.

Menurut Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Ponorogo, Eko Budi Santoso menjelaskan, pengumuman kelulusan ini sesuai dengan petunjuk dari Kemendikbud.

“Tanggal 5 Mei mendatang, dimana masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Pengumuman dilakukan secara online melalui e-mail, web sekolah atau lainnya,” terangnya.

Dengan kata lain, para siswa (lulusan) tidak perlu datang ke sekolah. Karena pengumumannya diinformasikan secara online. Penentuan kelulusan murni diserahkan di setiap satuan pendidikan (sekolah).

“Sekolah itu sendiri yang menetapkan standarisasi kelulusan bagi siswanya. Selain itu, pengumuman secara online tentu meminimalisir adanya lulusan agar tak melakukan euforia atau konvoi,” imbuhnya, saat dikonfirmasi, Sabtu (16/4/2022).

Saat ini, masih dalam tahap penilaian di setiap satuan pendidikan terkait kelulusan siswanya. Penentuan kelulusan tidak ada campur tangan dari Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Ponorogo.

“Karena saat ini ada kelonggaran dari satgas covid-19, kegiatan purnawiyata bagi sekolah juga bisa dilakukan, asalkan tetap dengan prosedur protokol kesehatan,” tandasnya.

error: