Portal DIY

Pemungutan Suara ulang di 2 TPS Kota Yogyakarta Besok, Sabtu 24 Februari 2024

77
×

Pemungutan Suara ulang di 2 TPS Kota Yogyakarta Besok, Sabtu 24 Februari 2024

Sebarkan artikel ini
Pemungutan Suara ulang di 2 TPS Kota Yogyakarta Besok, Sabtu 24 Februari 2024
Pemungutan suara di TPS 901 Lembaga Permasyarakatan Wirogunan pada 14 Februari lalu (Ist)

YOGYAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Yogyakarta merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota tersebut. Kedua TPS itu yakni TPS 901 dan TPS 902, keduanya berada pada lokasi khusus Lembaga Permasyarakatan Wirogunan.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Patisipasi Masyarakat, dan Hubungan
Masyarakat Bawaslu Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan pengawasan dan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.
Dari hasil pengawasan terdapat dua TPS dimana dalam daftar pemilih pindahan TPS tersebut, tercantum hak surat suara yang diberikan kepada pemilih tidak sesuai dengan kategori perpindahan Daerah Pemilihan Pemilih. Kedua TPS dimaksud adalah TPS 901 dan 902 Lembaga Permasyarakatan Wirogunan Pakualaman Kota Yogyakarta.

Setelah dilakukan klarifikasi dan analisa kajian terhadap kejadian di kedua TPS tersebut, Panwaslu Kecamatan Pakualaman kemudian menyarankan perbaikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan untuk dilakukan PSU.

Siti Nurhayati menyatakan telah menindaklanjuti temuan Panwaslu Kecamatan Pakualaman. Dengan mengkoordinasikan kepada KPU Kota Yogyakarta agar melakukan perbaikan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
”Terdapat ketidaksesuaian hak suara yang didapatkan oleh pemilih dengan kategori Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), total ada 8 pemilih dimana 7 pemilih di TPS 901 dan 1 pemilih di TPS 902, yang keduanya berada pada lokasi khusus Lembaga Permasyarakatan Wirogunan,” jelas Siti Nurhayati melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya, berdasarkan klarifikasi dengan KPU Kota, hal tersebut bukan merupakan kesalahan KPPS. Melainkan kesalahan teknis sistem informasi. Tepatnya dalam proses pemindahan pemilih, yang secara otomatis Sidalih KPU membaca bahwa pemilih pindahan dari Rutan Wirogunan ke Lapas Wirogunan terbaca masih dalam kelurahan dan kemantren yang sama. Sehingga dibaca Sidalih masih dalam satu Dapil.
“Karena tercatat oleh sistem dalam satu Dapil, maka pemilih tersebut berhak mendapatkan 5 surat suara. Sementara diketahui bahwa 8 pemilih tersebut berasal dari luar D.I. Yogyakarta (DIY), sehingga sesuai ketentuan Peraturan KPU tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, hanya mendapatkan 1 surat suara Presiden dan Wakil Presiden saja,” terangnya.

Menindaklanjuti saran perbaikan dari Panwaslu Kecamatan Pakualaman, maka KPU Kota Yogyakarta menerbitkan Surat Keputusan Nomor 64 Tahun 2024 tentang Penetapan Pemungutan Suara Ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 901 dan 902 Lembaga Permasyarakatan Wirogunan. Dengan menetapkan PSU, yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 24 Februari 2024 Pukul 07.00 – 13.00 WIB.

“Bawaslu Kota Yogyakarta menyambut baik surat keputusan ini dan akan mengkoordinasikan kepada jajaran pengawas, khususnya di Kecamatan Pakualaman. Untuk melakukan pengawasan pada saat PSU di TPS 901 dan 902 Lembaga Permasyarakatan Wirogunan,” katanya.

Siti Nurhayati menyebutkan, secara keseluruhan dari hasil pengawasan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah Kota Yogyakarta berjalan lancar dan tidak ada masalah berarti. Salah satu masalah yang terjadi adalah di beberapa TPS terdapat kekurangan surat suara.

“Meskipun proses pemungutan sempat dihentikan, namun dapat berjalan kembali setelah mendapatkan surat suara dari TPS sekitar untuk pemenuhannya,” pungkasnya. (bams)