Portal Sumsel

Pemkot Lubuklinggau Adakan Peringatan Nuzulul Quran 1444 H

9
×

Pemkot Lubuklinggau Adakan Peringatan Nuzulul Quran 1444 H

Sebarkan artikel ini
Pemkot Lubuklinggau Adakan Peringatan Nuzulul Quran 1444 H

LUBUKLINGGAU — Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kota Lubuklinggau bertempat di Masjid Agung As-Salam, Kamis (6/4/2023).

Dalam sambutannya, Wawako menyampaikan, patut disyukuri saat ini umat muslim telah melaksanakan ibadah puasa ramadhan memasuki hari ke-15.

Banyak kegiatan positif yang sudah dilaksanakan mulai dari sholat Isya, tarawih berjamaah hingga kegiatan keagamaan lainnya.

Menurut Wawako, Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW.

Dari peringatan ini, diharapkan apa yang ada di dalam Al-Quran tersebut dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena Alquran merupakan sumber ilmu, pedoman seluruh umat manusia dan sumber inspirasi sebagai pengembangan ilmu pengetahuan.

Melalui momentum ini, Wawako mengajak kaum muslimin khususnya masyarakat Kota Lubuklinggau mari sama-sama memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas masing-masing demi terwujudnya Kota Lubuklinggau yang lebih baik lagi.

Di sela-sela kegiatan, ada penyerahan bantuan dari Baznas Kota Lubuklinggau kepada masyarakat yang diserahkan secara simbolis oleh wakil wali kota.

Sementara Ustadz Aidil Fitri Syah, Lc dalam tausiyahnya menyampaikan Al-Quran turun secara bertahap, karena manusia mempunyai kemampuan otak yang sedikit untuk mencerna, momentum turunnya Al-Quran adalah sebagai pedoman hidup umat manusia.

“Jadi halal kata Al-Quran, ya jalankan, haram kata Al-Quran tentu jauhkan. Al-Quran juga sebagai penyempurna syariat,” ujarnya.

Selain itu, Al-Quran mengangkat derajat dan harkat martabat wanita, Al-Quran mempunyai lima visi diantaranya menyelamatkan dari kemusyrikan, menyelamatkan dari pertikaian serta menyelamatkan perempuan dari diskriminasi.

Hadir Sekda Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa, Staf Ahli II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, AH Ritonga, Staf Ahli lll Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, H Hendri Hermani, Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar, Asisten III Bidang Administrasi Umum Herdawan, Kepala Diskominfotisan, M Johan Iman Sitepu, Kepala Dinas PUPR, Achmad Asril Asri, Kepala BPKAD, Zulfikar, Kepala Bappedalitbang, H Emra Endi Kesuma, Kepala Disdikbud, H Dian Chandera, Kepala Bapenda, Tegi Bayumi, Kepala Dishub, H Abu Ja’at, Kepala DPKPPB, H Lutfi Ishak, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, H Wiwin Eka Saputra, Inspektur, H Resta Irawan Putra, Sekwan, Imam Senen, Direktur PT Linggau Bisa, H Eddy Syaputra dan Ketua Baznas Lubuklinggau, H Harnan. (Erwin)