Portal DIY

Pemkab Sleman Upaya Cegah Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan PNS

12
×

Pemkab Sleman Upaya Cegah Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan PNS

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sleman Upaya Cegah Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan PNS
Para peserta sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika bersama Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo ucapkan yel-yel anti narkotika (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkup Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sleman menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bagi para anggota PNS Pemkab Sleman.

Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika bagi para anggota PNS yang dilaksanakan oleh BKPP Sleman bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sleman di ruang pertemuan kantor BKPP Sleman, Senin (5/6/2023) ini, pelaksanaannya dibuka oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala BKPP Sleman, R. Budi Pramono, dalam laporannya mengatakan, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba ini diikuti oleh 160 peserta dari berbagai instansi Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. Melalui sosialisasi ini, ditargetkan para peserta dapat mengenal dan memahami program P4GN. Sehingga diharapkan peserta dapat menerapkan sosialisasi ini ke lingkungan kerja masing-masing untuk mencegah penyalahgunaan narkotika.

“Dari 160 orang peserta tersebut semuanya PNS, dan sebagian besar guru. Kami harapkan, dengan didahului pemberian pengetahuan kepada guru, nantinya ilmu tersebut dapat disampaikan kepada siswa-siswa di sekolah. Begitu juga dengan Dinas lainnya, yang diharapkan bisa bersama mendukung pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika,” kata Pramono.

Pemkab Sleman Upaya Cegah Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan PNS
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berikan arahan kepada peserta sosialisasi (Brd)

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan dukungannya terhadap sosialisasi P4GN yang diinisiasi oleh BKPP Kabupaten Sleman ini. Menurutnya, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika harus dilakukan sedini mungkin. Sebab, disinyalir saat ini peredaran narkotika di berbagai daerah termasuk di Sleman telah sampai di lingkup sekolah. Sehingga para pelajar rentan menjadi sasaran penggunaan barang haram tersebut.

“Saat ini peredaran narkotika sudah menyasar kepada anak-anak sekolah. Mereka diiming-imingi permen yang bisa membuat mereka tertarik dan kecanduan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama. Jangan sampai generasi penerus kita justru rusak karena kelalaian dan ketidaktahuan kita dalam pencegahannya,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen memberikan dukungan terhadap seluruh upaya dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkotika di Sleman. Selain itu, Pemkab Sleman terus melakukan upaya bersifat preventif dalam mendukung upaya tersebut. Untuk mencapai keberhasilan itu, Bupati Sleman mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sleman untuk memberikan dukungan baik berupa perhatian, hingga tindakan tegas dalam memberantas penyalahgunaan narkotika di Sleman. (Brd)