Portal DIY

Pemkab Sleman Tetapkan Delapan Prioritas Pembangunan Tahun 2025

2116
×

Pemkab Sleman Tetapkan Delapan Prioritas Pembangunan Tahun 2025

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sleman Tetapkan Delapan Prioritas Pembangunan Tahun 2025
Dari kiri ke kanan : Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Wabub Sleman Danang Maharsa dan Kepala Bappeda Sleman Dwianta Sudibya (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Pemkab Sleman menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Sleman Tahun 2025, di kantor Bappeda Sleman Rabu (24/1/2025).

Dalam Musrenbang RKPD tersebut, Pemkab Sleman menetapkan 8 prioritas pembangunan di tahun 2025.

Kepala Bappeda Kabupaten Sleman, Dwianta Sudibya, menerangkan 8 prioroitas pembangunan di Sleman pada tahun 2025 tersebut adalah, mengurangi kemiskinan, memperkuat infrastruktur untuk mengurangi ketimpangan wilayah, memperkuat ketahanan ekonomi, meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kualitas kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas Lingkungan Hidup, dan memperkuat nilai budaya.

“Kami rencanakan total pendapatan di 2025 sebesar 3,2 triliun, dan Pendapatan Asli Daerah atau PAD-nya ditarget Rp 1,260 triliun rupiah,” jelasnya.

Jalanya Musrenbang dibuka oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta serta para kepala Organisasi Pemerintahan daerah (OPD) Pemkab Sleman, Panewu se-Kabupaten Sleman, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Pemkab Sleman Tetapkan Delapan Prioritas Pembangunan Tahun 2025

Tema pembangunan Kabupaten Sleman Tahun 2025 yakni “Peningkatan Produktifitas dan Daya Saing untuk Kesejahteraan yang Merata”.

Kustini menyebutkan tema ini merupakan bentuk respon dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman terhadap situasi yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, terutama kondisi ekonomi dan sosial masyarakat.

“Prioritas pembangunan tahun 2025 telah ditetapkan berdasarkan permasalahan yang kita hadapi dan harus kita selesaikan di tahun 2025 nanti. Meski demikian sebenarnya prioritas ini tidak jauh beda dengan prioritas pembangunan tahun ini,” ujarnya.

Dikatakan bahwa isu kemiskinan, mengurangi ketimpangan, maupun upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat masih menjadi fokus perhatian Pemkab Sleman di tahun 2025 nanti. Oleh sebab itu diperlukan kolaborasi serta sinergi dan perbaikan secara menyeluruh dari sektor-sektor terkait.

“Harapannya di tahun 2025 nanti kita dapat menyelesaikan secara bertahap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat menuju Sleman yang lebih maju dan masyarakat yang lebih sejahtera,” ujar Kustini. (Brd)