Portal DIY

Pemkab Sleman Siap Bayarkan THR ASN dan PHL

26
×

Pemkab Sleman Siap Bayarkan THR ASN dan PHL

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sleman Siap Bayarkan THR ASN dan PHL
Kepala BKAD Kabupaten Sleman, Haris Sutarta, SE, MT (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Untuk memenuhi kewajiban memberikan THR atau Tunjangan Hari Raya Idul Fitri 2023 bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sleman, diperlukan dana lebih dari Rp 61,5 miliar. Dana yang diperlukan sebanyak itu sudah tersedia, dan bahkan pembayaranya sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

Menurut Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sleman, Haris Sutarta, SE, MT jumlah ASN di lingkungan Pemkab Sleman yang berhak menerima THR Idul Fitri tahun 2023 ini, sebanyak 8.823 orang. Pegawai penerima THR sebanyak itu, terdiri dari Bupati dan Wakil Bupati, ASN, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K), serta para anggota DPRD yang jumlahnya sebanyak 50 orang.

“THR bagi pegwai pemerintah lingkunagn Pemkab Sleman tersebut, sudah dibayarkan sejak tanggal 4 April lalu, dan ditargetkan paling lama dua hari mendatang, sudah terbayarkan semua,” kata Haris.

Sedang besarnya THR yang diberikan, masing-masing sebesar satu kali gaji ditambah dengan berbagai tunjangan. Diantaranya, tungangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN, Tunjangan Penghasilan Guru (TPG) bagi guru bersertifikasi serta Tambahan penghasilan (Tamsil) bagi guru yang belum sertifikasi.

Pemkab Sleman Siap Bayarkan THR ASN dan PHL

Selain itu, tambah Haris melalui peraturan Bupati Sleman Nomor 23/2023 tentang pemberian Tunjangan Hari Raya dan gaji ketigabelas bagi ASN dan P3K, Pemkab Sleman juga memberikan THR kepada 2.979 Pegawai Harian Lepas (PHL) dengan total anggaran sebesar Rp6,4 miliar. Sehingga total dana yang dipergunakan untuk pembayaran THR bagi ASN, P3K dan PHL sebesar Rp68,02 miliar.

“Dana untuk pembayaran THR bagi para PHL tersebut juga sudah tersesdian, bahkan sudah mulai dibayarkan mulai hari ini, Senin (10/4/2023),” kata Haris.

Mengingat perekonimian nasional pada umumnya dan perekonolian di Sleman pada khususnya, sedang kurang menguntungkan, Haris berharap agar semua warga termasuk para penerimna THR untuk melakukan penghematan, sehingga uang yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih penting.

“Meski lebaran, namun karena perekonomian sedang tidak baik, maka kami harap semua pihak untuk tidak boros. Uang yang dimiliki jangan hanya untuk keperluan konsuntif, tapi harus dimanfaatkan dengan sebaik-mungkin, yakni untuk membiayai hal-hal yang lebih penting,” tambah Haris. (Brd)