Portal DIY

Pemkab Sleman Serahkan SPPT PBB P2 2024 Secara Awal

1424
×

Pemkab Sleman Serahkan SPPT PBB P2 2024 Secara Awal

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sleman Serahkan SPPT PBB P2 2024 Secara Awal
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo serahkan penghargaan kepada wajib pajak yang melunasi pajaknya tahun 2023 (Brd/Portal Indonesia)

 

SLEM

SLEMAN – Untuk mendorong para wajib pajak bisa melunasi pajaknya secara awal, maka menyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (SPPT PBB P2) tahun 2024 di Kabupaten Sleman juga dilakukan secara awal.

Penyerahan SPPT PBB P2tahun 2024 Kabupaten Sleman dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo kepada perwakilan Kalurahan dan perwakilan wajib pajak selektif di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman, Selasa, (2/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga menyerahkan tanda Penghargaan Lunas PBB P2 kepada 4 Kapanewon, 22 Kalurahan, dan 5 Padukuhan, karena tahun lalu pajaknya lunas seratus persen.

Dalam laporanya, Sekretaris BKAD Sleman, Elli Widiastuti mengatakan bahwa pokok ketetapan PBB P2 tahun 2024 di Sleman sebanyak 661.255 lembar SPPT, dengan pokok ketetapan perolehan pajak sebesar Rp. 98.678.631.071.

Sedang realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD )tahun 2023 tercapai sebesar 103 persen dari target yang telah ditetapkan senilai Rp 1,120 Triliun..

Pemkab Sleman Serahkan SPPT PBB P2 2024 Secara Awal
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (Brd/Portal Indonesia)

“Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) PBB P2 tahun 2024 tidak mengalami kenaikan. Namun di beberapa lokasi terdapat kenaikan NJOP karena adanya perubahan fungsi obyek pajak, pemutakhiran hasil pendataan individual dan pemanfaatan data BPHTB untuk reklasifikasi NJOP obyek komersial,” kata Elli.

Elli menambahkan bahwa masyarakat selaku wajib pajak PBB P2 terus diberi kemudahan dalan menunaikan kewajibanya membayar pajak . Oleh karena itu dengan diserahkanya, (SPPT PBB P2) tahun 2024 secara awal ini, diharapkan para wajib pajak dapat segera melunasi pajaknya sebelum jatuh tempo.

Sementara itu Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam sambutanya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang dengan penuh kesadaran telah melaksanakan kewajibannya dan memberikan pelayanan pada masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Terkait implementasi aturan baru, yaitu UU No.1 Tahun 20, Bupati mengimbau para wajib pajak PBB P2 sesegera mungkin menunaikan kewajibannya sebelum jatuh tempo yaitu 30 Juni 2024. Hal itu perlu dilakukian untuk menghindari denda.

“Perubahan ini harus segera diinformasikan kepada masyarakat. Oleh karena itu saya berharap bapak ibu yang hadir pada kesempatan ini dapat ikut melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujar Bupati. (Brd)