Portal DIY

Pemkab Sleman Dukung Penuh Semua Kegiatan Pelestarian Budaya

11
×

Pemkab Sleman Dukung Penuh Semua Kegiatan Pelestarian Budaya

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sleman Dukung Penuh Semua Kegiatan Pelestarian Budaya
Pementasan kesenian Jathilan, salah satu seni budaya di Godean (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Dalam upaya melestarikan budaya peninggalan nenek moyang, Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendukung penuh segala bentuk kegiatan pelestarian seni budaya yang dilakukan warga Sleman.

Karenanya, warga Sleman tak perlu ragu menyelenggarakan aneka kegiatan seni budaya yang ada di wilayahnya.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal tersebut dikatakan oleh Danang Maharsa saat menghadiri Gelar Seni Budaya Keistimewaan Kalurahan Sidokarto yang berlangsung di Desa Wisata Donowarih, Padukuhan Rewulu Wetan, Kalurahan Sidokarto, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman, Minggu malam (30/4/2023).

“Penyelenggaraan pentas seni budaya, selain memberikan hiburan kepada masyarakat, tentunya juga untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sleman, terutama untuk memberikan wawasan kepada generasi muda bahwa kebudayaan kita harus terus dijaga dan dilestarikan,” katanya.

Danang mengungkapkan kebanggaannya atas antusias masyarakat yang hadir menyaksikan pentas seni budaya. Menurutnya, antusias masyatakat ini menjadi bukti tingginya perhatian masyatakat Sleman terhadap seni budaya.

Pemkab Sleman Dukung Penuh Semua Kegiatan Pelestarian Budaya
Wabup Sleman Danang Maharsa (pakai peci), serahkan NIK kepada pengurus Kelompok seni Jathilan Kalurahan Sidokarto (Brd)

Danang juga mengapresiasi upaya seluruh perangkat Kalurahan Sidokarto yang melaksanakan kegiatan pentas seni budaya sebagai bentuk pelestarian budaya tinggalan nenek moyang. Demikian pula Ketua Komisi D DPRD DIY, Koeswanto yang juga hadir dalam kegiatan tersebut juga mengapresiasi kiprah pemerintah kalurahan Sidokarrto yang terus upaya melestarikan seni budaya di wilayahnya.

Sebagai bentuk dukunganya, Kuswanto akan terus mengupayakan terjaganya pelestarian budaya di Sleman, khususnya di Sidokarto melalui pemanfaatan Dana Keistimewaan (Danais).

“Apapun yang menjadi program baik infrastruktur, pemberdayaan, Dukungan pelestarian seni budaya di Sleman, termasuk kegiatan dan pelestarian seni budaya, akan kami perjuangkan sehingga bisa terselenggara seperti kegiatan saat ini (pentas seni budaya). Tujuannya untuk melestarikan seni tradisi adiluhung, sehingga keberadaanya tidak hilang ditelan zaman atau bahkan tergantikan oleh budaya asing,” kata Kuswanto.

Dalam kegiatan seni budaya ini juga dilakukan penyerahan Nomor Induk Kebudayaan oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa kepada perwakilan Kelompok Seni Jathilan Kalurahan Sidokarto. (Brd)