Portal DIY

Pemkab Sleman Dukung Pendekatan Pembelajaran Berbasis Projek

8
×

Pemkab Sleman Dukung Pendekatan Pembelajaran Berbasis Projek

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sleman Dukung Pendekatan Pembelajaran Berbasis Projek
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bincang-bincang dengan peserta Festival (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Festival Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2023.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Prima SR tersebut, pembukaanya ditandai pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sleman, Selasa (2/5/2023).

Dalam sambutannya, Danang mengapresiasi sekaligus mendukung pendekatan pembelajaran berbasis projek atau project based learning. Sebab, melalui Festival P5 peserta didik menjadi dapat mengeksplorasi potensi diri sesuai dengan minat dan bakat sekaligus menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui Festival P5 ini kita memberikan ruang dan waktu seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil Pelajar Pancasila,” ujarnya

Lebih lanjut, Danang berharap satuan pendidikan mampu mengimplementasikan P5 dengan baik, sehingga bermanfaat, serta berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan di lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana dalam laporannya mengatakan, bahwa sejalan dengan yang disampaikan Wakil Bupati Sleman melalui Festival P5 ini juga menjadi upaya untuk mengimplementasikan kurikukum Merdeka Belajar.

“Festival P5 jenjang SMP ini diikuti 20 SMP Negeri yang ditunjuk mewakili kelompok kerja (pokja) jenjang SMP dan SMP unggulan di Kabupaten Sleman,” jelasnya

Festival P5 diselenggarakan pada tanggal 2-4 Mei 2023 dengan berbagai kegiatan. Diantaranya lomba unjuk kerja dan potensi dari masing-masing sekolah peserta. Kemudian juga dimeriahkan penampilan kesenian dan tari kreasi perwakilan dari masing-masing sekolah. (Brd)