Portal DIY

Pemkab Sleman Akhirnya Batalkan Pelantikan 22 Maret 2024

351
×

Pemkab Sleman Akhirnya Batalkan Pelantikan 22 Maret 2024

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sleman Akhirnya Batalkan Pelantikan 22 Maret 2024
Kepala BKPP Kabupaten Sleman Budi Pramono (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Pemerintah Kabupaten Sleman akhirnya membatalkan pelantikan dan pengambilan Sumpah Janji/Jabatan terhadap 39 pejabat lingkungan Pemkab Sleman yang telah dilantik oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo 22 Maret 2024.

Pembatalan tersebut ditandai penyerahan SK pembatalan pelantikan oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sleman Budi Pramono kepada 39 pejabat di Ruang Rapat Bima lantai 3 Kantor BKPP Sleman, Kamis (4/4/2024).

Menurut Budi Pramono, makna dari pembatalan ini adalah pengembalian para terlantik pada jabatan lama.
Seperti diketahui sebelumnya Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo tepatnya pada Jumat, 22 Maret 2024 lalu melantik 39 orang yang terdiri Pejabat Tinggi Pratama, Administrator dan Kepala Sekolah.

Namun ujungnya pelantikan tersebut menuai pro dan kontra. Penyebabnya pelaksanaan pelantikan ini diketahui sudah melebihi batas akhir waktu pelantikan yang di tentukan oleh Undang-undang. Yakni pada pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.
Undang-undang tersebut ada pasal yang menyebutkan tentng larangan kepala daerah melakukan mutasi jabatan 6 bulan menjelang penetapan pasangan calon, kecuali jika mendapat izin tertulis Mendagri. Larangan itu berlaku hingga akhir masa jabatan sang kepala daerah.

“Karena pelantikan pada tanggal 22 Maret 2024 kemarin oleh kementrian dalam negeri dinilai telah melebihi batas ketentuan, maka pelantikan tersebut dinilai melanggar undang-undang,” kata Pramono. (Brd).