Portal Jatim

Pemeliharaan Pembangunan Sumber Benih Tanaman Hutan Jenis Jati di Gunung Galtik Situbondo

12
×

Pemeliharaan Pembangunan Sumber Benih Tanaman Hutan Jenis Jati di Gunung Galtik Situbondo

Sebarkan artikel ini
Pemeliharaan Pembangunan Sumber Benih Tanaman Hutan Jenis Jati di Gunung Galtik Situbondo
Pemeliharaan pembangunan sumber benih tanaman hutan jenis jati di Blok Gunung Galtik Dusun Semek, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

SITUBONDO – UPT Perbenihan Tanaman Hutan Provinsi Jawa Timur di Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Banyuwangi  wilayah kerja Situbondo, melakukan pemeliharaan pembangunan sumber benih tanaman hutan jenis jati di Blok Gunung Galtik Dusun Semek, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo.

Agus Ulunggono dari pihak UPT Perbenihan Tanaman Hutan Provinsi Jawa Timur di CDK Banyuwangi wilayah kerja Situbondo mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Blok Gunung Galtik Dusun Semek Desa Selomukti ini, adalah kegiatan pemeliharaan pembangunan sumber benih tanaman hutan jenis jati unggul.

“Pemeliharaan dalam kegiatan ini rutin setiap empat bulan sekali,” kata Ulunggono, Minggu (14/5/2023) di Desa Selomukti.

Tujuan kegiatan pemeliharaan ini dalam rangka untuk menghasilkan benih tanaman hutan yang berkualitas. “Total ada 250 tanaman bibit unggul yang sudah ditanam dan kita pelihara,” imbuhnya.

Lanjutnya, lahan untuk tanaman hutan yang sudah ditanam di Blok Gunung Galtik Dusun Semek Desa Selomukti seluas 7.500 meter persegi.

“Dari total luas lahan 7.500 meter persegi, lahan yang digunakan untuk bibit tanaman hutan jenis jati unggul sekitar 1.500 meter persegi, sisanya yakni 6.000 meter persegi ditanami tanaman hutan dengan jenis beraneka ragam, seperti Solobium, Mahoni Afrika dan lainnya,” terang Ulunggono.

Ulunggono menyebut, bahwa lahan yang digunakan adalah lahan milik warga dan pihak kami bekerjasama dengan warga pemilik lahan tersebut.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini butuh kerjasama dengan warga agar tanaman hutan ini bisa tumbuh subur,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di Blok Gunung Galtik Dusun Semek, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, merupakan desa percontohan untuk pemeliharaan pembangunan sumber benih tanaman hutan jenis jati.(Kim)