Pembinaan Desa Siaga di Kendal, Ini Tujuannya

  • Bagikan
Pembinaan Desa Siaga di Kendal, Ini Tujuannya
Pembinaan Desa Siaga Aktif di aula Balai Desa Laban, Kendal (Foto : Pedro/Portal Indonesia)

KENDAL – Desa Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah dan ancaman terhadap kesehatan masyarkat seperti kurang gizi, stunting, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain dengan manfaatkan potensi setempat, secara gotong – royong.

Desa siaga aktif bertujuan untuk menjadikan masyarakat peduli terhadap masalah kesehatan, tanggap dalam memecahakan masalah – masalah kesehatan secara mandiri yang di wilayahnya dengan memanfaatkan potensi yang mereka miliki serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tim Promotor Kesehatan dari Puskesmas Kangkung 02 yang di wakili oleh Dwi Oktavi Dariyanti, melakukan pembinaan Desa Siaga Aktif Pada kesempatan ini hadir Kader Posyandu, dan Kader Kesehatan Desa, Rabu (8/12) di aula Balai Desa Laban,. Kecamatan/Kabupaten Kendal.

Diharapkan, Desa Siaga Aktif di atas kegiatannya lebih terkoordinir dan dinaungi dengan produk – produk hukum sehingga kedepan seluruh kegiatan kesehatan di desa dibawah koordinator siaga aktif.

Kepala Desa Laban, Adibul Farah dalam sambutanya menjelaskan bahwa, diadakannya kegiatan Pembinaan Desa Siaga aktif ini yang bertujuan agar kader kesehatan di desa berperan aktif dalam penanganan permasalahan kesehatan di masyarakat sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari para kader

“Ucapan terima kasih kepada Tim promotor kesehatan Puskesmas Kangkung 02 yang telah mengadakan kegiatan ini sehingga saling bersinergi dan kerjasama bisa terjalin antara Puskesmas dan pihak Pemdes,” katanya. (Pedro)

  • Bagikan
error: