Portal DIY

Pelaku UMKM di Sleman Diharap Semakin Mandiri

12
×

Pelaku UMKM di Sleman Diharap Semakin Mandiri

Sebarkan artikel ini
Pelaku UMKM di Sleman Diharap Semakin Mandiri
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kukuhkan pengurus Forkom UMKM Sleman (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Pemkab Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), siap siap memfasilitasi peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) di Sleman, dengan harapan para pelaku UMKM di Sleman dapat segera mewujudkan kemandirian usaha. Sebab dengan kemandirian usaha, diharapkan usahanya juga semakin berkembang.

Hal itu dikatakan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo ketika mengukuhkan 19 pengurus Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Kapanewon Sleman periode 2023-2026 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (5/6/2023). Dalam pengukuhan tersebut, juga diisi dengan acara temu usaha dan sarasehan UMKM untuk membahas upaya pengembangan UMKM.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Kustini menyambut baik terbentuknya Forkom UMKM Kapanewon Sleman ini. Kustini berharap kapanewon lain di Sleman juga membentuk Forkom UMKM di wilayahnya masing-masing. Karena melalui Forkom seperti ini, dapat menjadi sarana pelaku usaha dalam berkomunikasi dan saling membantu dalam mengembangkan produk.

“Dalam upaya memajukan UMKM, kami siap membantu memfasilitasi pengembangan UMKM dalam mewujudkan kemandirian dan peningkatan kapasitas pelaku usaha. Sebab melalui Forkom seperti ini, tentu dapat menjadi sarana bagi para pelaku usaha dalam berkomunikasi dan saling membantu dalam upaya mengembangkan kuantitas maupun kualitas produk,” kata Kustini.

Selain itu, melalui forkom nantinya akan ada fasilitasi seperti pelatihan dan pendampingan dalam menjalankan UMKM dengan maksud pelaku usaha bisa menjadi berkembang, dan kapasitasnya meningkat, serta naik kelas,” ujarnya

Pelaku UMKM di Sleman Diharap Semakin Mandiri
Bupati Sleman Kustini saksikan produk karya Forkom UMKM Sleman (Brd)

Lebih lanjut, Kustini berharap Forkom UMKM Kapanewon Sleman bisa menjadi ruang bersama bagi pelaku usaha untuk bergerak maju dan berkontribusi dalam menggerakan perekonomian di Sleman.

Sementara itu, Panewu Sleman, Joko Susilo melaporkan bahwa Forkom UMKM Kapanewon Sleman adalah forum yang mewadahi berbagai jenis pelaku usaha baik bidang industri, kuliner, fashion, craft dan lain sebagainya. Anggota Forkom UMKM Kapanewon Sleman terdiri dari pelaku usaha UMKM dari 5 Kalurahan di Kapanewon Sleman.

Sedang maksud dibentuknya forkom UMKM di Kapanewon Sleman, antara lain untuk menyatukan visi misi bersama bagi para pelaku usaha untuk maju dan berkembang, sehingga kehidupanya dapat semakin sejahtera.

“Tujuan dibentuknya Forkom UMKM Kapanewon Sleman antara lain untuk menyamakan visi dan misi untuk bergerak maju bersama agar berkembang dan pelaku usaha lebih sejahtera,” jelasnya. (Brd)