Portal DIY

Pelajar TK-SD di Sleman Berkunjung ke Museum Pusat TNI AU Secara Gratis

1134
×

Pelajar TK-SD di Sleman Berkunjung ke Museum Pusat TNI AU Secara Gratis

Sebarkan artikel ini
Pelajar TK-SD di Sleman Berkunjung ke Museum Pusat TNI AU Secara Gratis
Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Kolonel Sus Komarudin beri cindermata kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo

SLEMAN – Dalam upaya menumbuhkan minat baca anak, Pemkab Sleman melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki program Kunjung Perpustakaan. Salah satunya, memberi kesempatan pelajar Taman kanak-kanak dan SD di Sleman untuk berkunjung ke museum tersebut secara gratis.

Hal itu dikatakan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam acara Launching Kegiatan Kunjung Perpustakaan Pemkab Sleman 2024 di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Jumat (2/2/2024).

Melalui program ini, kata Kustini, Pemkab Sleman memberikan layanan jemput bagi anak – anak dengan bus wisata pustaka. Anak – anak diajak mengunjungi perpustakaan daerah Sleman serta museum sebagai upaya menumbuhkan cinta tanah air.

Menurut Kustini, upaya meningkatkan minat baca dan literasi perlu didukung berbagai pihak, baik orang tua, guru, pemangku kebijakan maupun lingkungan sekitar.

Artinya setelah anak dikenalkan kepada perpustakaan melalui kegiatan kunjung perpustakaan, maka selanjutnya kegiatan serupa juga perlu diupayaka oleh berbagai lini. Semisal, gerakan membaca minimal 15 menit sebelum jam belajar sebagaimana yang sudah diterapkan di Sleman.

Pemkab Sleman juga telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2020 tentang Jam Rumah / Jam Istirahat Anak untuk mendukung suksesnya minat baca dan literasi.

Kustini menambahkan bahwa kerjasama Pemkab Sleman dengan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala tentang Layanan Kunjung Perpustakaan bagi pelajar TK dan SD di Sleman ini sudah berlangsung sejak tahun 2023. Karena program ini dinilai memiliki banyak manfaat, maka di tahun 2024 ini program tersebut dilanjutkan.
.
“Kami berharap melalui kolaborasi ini anak – anak di Sleman tidak hanya akan semakin memiliki peningkatan dalam minat baca dan literasi namun juga semakin terbuka wawasan dan pengetahuannya tentang sejarah kedirgantaraan, bahkan mungkin bisa menjadi pemantik ketertarikan para generasi muda untuk berkarir sebagai TNI AU, “ kata Kustini.

Pelajar TK-SD di Sleman Berkunjung ke Museum Pusat TNI AU Secara Gratis
Para pelajar SD Negeri Malangrejo Wedomartani Ngemplak ketika berkunjung ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara

Sedang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman Sri Wartini menjelaskan bahwa program kunjung perpustakaan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak usia dini melalui jenjang PAUD, TK dan SD.

Untuk itu Pemkab Sleman menyiapkan fasilitas kendaraan yang akan menjemput peserta dengan armarda bus dari Pemkab Sleman. Untuk mendapatkan akses ini, sekolah mengajukan permohonan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman.

“Tahun 2024 ini kami beri kesempatan kepada 35 sekolah TK maupun SD untuk berkunjung ke museum ini, dan masing-masing sekolah sebanyak 30 pelajar. Dan hari ini yang mendapat kesempatan berkunjung adalah dari SD Negeri Malangrejo Wedomartani Ngemplak,” jelas Sri Wantini.

Sementara itu, Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Kolonel Sus Komarudin, S.Pd mengatakan adanya program kunjungan Perpustakaan ke Museum ini menjadi kunjungan yang membanggakan di bidang kedirgantaraan.

“Dengan koleksi yang ada, program ini baik, karena jadi bagian penting untuk mengenalkan kedirgantaraan pada anak sejak dini,” kata Kolonel Sus Komarudin.

Direncanakan pada tahun 2024 ini, museum Pusat TNI AU Dirgantara mandala akan dilakukan revitalisasi dan akan dilakukan pembenahan di beberapa ruang termasuk dikembangkan digitalisasi sejarah kedirgantaraan. (Brd)