Nasional

Pejabat Kemenhub RI Pantau Arus Balik Mudik Gratis, Berlayar Gunakan KL Bung Tomo

10
×

Pejabat Kemenhub RI Pantau Arus Balik Mudik Gratis, Berlayar Gunakan KL Bung Tomo

Sebarkan artikel ini
Pejabat Kemenhub RI Pantau Arus Balik Mudik Gratis, Berlayar Gunakan KL Bung Tomo

SITUBONDO – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc. Eng, didampingi Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting, M.M, Kepala PPSDM Perhubungan Laut Ir. Ahmad M.M.Tr, Kepala KSU Tanjung Perak Surabaya Capt. Heru Susanto, M.M, Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, M.M dan Direktur Poltekbang Surabaya M. Andra Adityawarman MT, pada Minggu (30/4/2023), berlayar bersama santri dan masyarakat umumnya dengan menggunakan KL Bung Tomo dari Pelabuhan Sapudi ke Pelabuhan Jangkar Situbondo. Kegiatan ini dalam rangka memantau secara langsung arus balik mudik gratis lancar, aman, nyaman dan berkesan.

Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo Herland Aprilyanto, Kepala Dinas Perhubungan Situbondo, AKP Hasanudin Kasat Polairud Polres Situbondo, Kapolsek Jangkar, Danramil Jangkar, Syabandar Wilker Jangkar dan pihak terkait lainnya langsung menyambut rombongan pejabat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia itu saat tiba di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan RI, Capt. Hendri Ginting, M.M mengatakan, untuk mengetahui secara langsung arus balik mudik lancar, aman, nyaman dan berkesan, maka dirinya bersama rekan-rekan Kementerian Perhungan RI sengaja satu kapal dengan penumpang santri dan masyarakat umum.

“Alhamdulillah perjalanan kami dari Pelabuhan Sapudi sampai ke Pelabuhan Jangkar Situbondo lancar, aman dan nyaman dan berkesan,” ungkapnya dihadapan sejumlah awak media, di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Pejabat Kemenhub RI Pantau Arus Balik Mudik Gratis, Berlayar Gunakan KL Bung Tomo

Lebih lanjut, Capt. Hendri Ginting menyampaikan bahwa, untuk membantu kelancaran mudik maupun arus balik mudik Idul Fitri 2023 baik dari Pulau Sapudi, Kalianget dan Raas ke Pelabuhan Jangkar maupun sebaliknya, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menurunkan sejumlah kapal laut. Diantaranya, KL Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran Surabaya, KN Bimasakti Utama dan KN Masalembo milik Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak Surabaya dan satu kapal cadangan Sanus 115.

Capt. Hendri Ginting juga menyampaikan rasa syukur karena arus mudik dan arus balik mudik dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pelabuhan Sapudi, Raas dan Kalianget Kepulauan Madura dan sebaliknya dari Pelabuhan Sapudi, Raas dan Kalianget Kepulauan Madura ke Pelabuhan Jangkar Situbondo lancar.

“Kelancaran, keamanan dan kenyamanan arus mudik dan arus balik mudik ini, lanjut dia, tidak lepas dari dukungan pemerintah setempat, TNI dan Polri, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, para nahkoda, kesadaran para pemudik serta pihak-pihak terkait lainnya,” tutur Capt. Hendri Ginting.

Harapan kedepannya, evaluasi dapat terus dilakukan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk mengakut penumpang mudik maupun arus balik mudik gratis.

“Yang pasti kedepan kita akan melakukan evaluasi agar kita bisa memberikan pelayanan lebih baik untuk masyarakat,” tegas Capt. Hendri Ginting. ****