Portal Jatim

Pegawai dan WBP Rutan Situbondo Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila

10
×

Pegawai dan WBP Rutan Situbondo Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila

Sebarkan artikel ini
Pegawai dan WBP Rutan Situbondo Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila

SITUBONDO – Upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang dilaksanakan seluruh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo menggunakan baju adat nasional, Kamis (1/6/2023).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang berlangsung di halaman dalam Rutan Situbondo ini di pimpin oleh Kepala Rutan Situbondo Rudi Kristiawan dan berlangsung sederhana, namun penuh makna.

Karutan Situbondo Rudi Kristiawan dalam menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengatakan bahwa, Bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis Pandemi Covid-19, hal ini membuktikan bahwa kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia mampu menepis virus corona tersebut.

“Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. Menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia,” demikan amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Kepala Rutan Situbondo.

Tak hanya itu amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Kepala Rutan Situbondo. Namun dalam amanat presiden itu, mengajak seluruh lapisan masyarakat dan penyelenggara negara harus bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, menjadikan Negara Indonesia yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik serta Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Selanjutnya, Karutan Situbondo juga mengajak kepada seluruh pegawai untuk selalu meningkatkan integritas dalam bertugas, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila dan meminta kepada seluruh WBP agar tetap menghormati petugas.

“Saya mengapresiasi seluruh pegawai dan WBP yang sudah mengenakan pakaian adat pada kegiatan upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023 ini. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka membentuk komitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” jelas Kepala Rutan Situbondo.

Semoga, kata Kerutan Situbondo, seluruh pegawai maupun WBP di Rutan Kelas IIB Situbondo dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga kalian mampu mengamalkan butir butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Karutan Situbondo.(via)