Passatu dan Dompet Dhuafa Bagikan 800 Paket Sembako dan 10 Ton Beras untuk Masyarakat Kebumen

Passatu dan Dompet Dhuafa Bagikan 800 Paket Sembako dan 10 Ton Beras untuk Masyarakat Kebumen
Paket sembako dari Passatu, secara simbolis diterima Bupati Kebumen, untuk kemudian di serahkan kepada masyarakat Kebumen (Foto : Ahmad/Portal Indonesia)

KEBUMEN – Bantuan sosial untuk masyarakat Kebumen terus berdatangan. Kali ini bantuan kembali diberikan dari Paguyuban Alumni SMPN 1 Kebumen (PASSATU). Para alumni yang terhimpun disemua angkatan ini tergerak untuk melakukan bakti sosial.

Ada 800 paket sembako yang secara simbolis diterima Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kemudian diserahkan kepada masyarakat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu (15/8/2021).

Ketua Umum Passatu, dr Slamet Budianto mengatakan Baksos Passatu Peduli ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh alumni lintas angkatan SMPN 1 Kebumen.

Tujuannya, antara lain membantu warga Kebumen utamanya yang terdampak akibat pandemi covid-19 yang belum juga usai. “Gerakan aksi ini tidak lain untuk ikut membantu masyarakat. Terutama mereka yang benar-benar terkena dampak dari pandemi Covid ini,” ujar Slamet di Pendopo.

Baksos Passatu Peduli bisa terlaksana karena dukungan para donatur dari para alumni SMPN 1 Kebumen. Selain itu juga didukung oleh Dompet Dhuafa. Sasaran penerima diutamakan di wilayah kantong kemiskinan seperti di Kecamatan Karanggayam.

Menurut dr Slamet Budianto, yang juga Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Passatu tidak hanya sekali ini saja. Tetapi masih ada rencana kegiatan-kegiatan lainnya.

“Passatu selalu peduli Kebumen. Ingin Kebumen tercinta maju, rakyatnya sejahtera,” kata Slamet.

Sementara itu, Bupati menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari para alumni SMP 1 Kebumen. Mereka yang tergabung dalam Passatu ini ternyata juga tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi mampu melakukan sesuatu yang lebih.

“Banyak dari mereka ini orang-orang yang sukses. Tersebar di berbagai daerah. Tapi meskipun mereka jauh, hatinya tetap cinta Kebumen. Peduli terhadap tanah kelahirannya. Ini inspiratif,” terang Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Dompet Duafa yang juga ikut memberikan bantuan sosial untuk masyarakat Kebumen. Hendri Saparini Bandahara Dompet Dhuafa yang hadir dalam kesempatan tersebut juga merupakan alumni SMP 1 Kebumen.

“Alhamdulillah bersamaan dengan Passatu, Dompet Dhuafa juga ikut memberikan bantuan 10 ton beras untuk masyarakat Kebumen. Kemudian 2000 daging kaleng olahan. Ini patut kita syukuri, bantuan ini jelas sangat membantu masyarakat kita,” ucapnya.

Dompet Dhuafa juga memiliki program yang bekerjasama dengan berbagai pihak yakni program Food for Dhuafa yang kali ini bekerjasama dengan Passatu.

Disamping itu ada program pembangunan ketahanan pangan bagi masyarakat yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen, untuk mengembangkan potensi pertanian di kecamatan Buluspesantren dengan target 200 hektar sawah.

Sedangkan untuk potensi pertanian Dompet Dhuafa juga telah memberikan bantuan berupa 50 ekor kambing untuk masyarakat dan 250 ekor ayam petelur untuk kalangan pondok pesantren. (Ahmad)

Tinggalkan Balasan

error: