Portal Jatim

Partai Garuda Tidak Ajukan Bacaleg, Berikut Penjelasan KPU Kota Pasuruan

12
×

Partai Garuda Tidak Ajukan Bacaleg, Berikut Penjelasan KPU Kota Pasuruan

Sebarkan artikel ini
Partai Garuda Tidak Ajukan Bacaleg, Berikut Penjelasan KPU Kota Pasuruan

PASURUAN — Menuju pemungutan suara Pemilu 2024, KPU Kota Pasuruan secara resmi menutup jadwal pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) atau anggota DPRD Kota Pasuruan, Minggu 14 Mei 2023 terhitung sejak pukul 24.00 WIB.

Dari 18 Partai Politik (Parpol) yang ada, tercatat sebanyak 17 Parpol yang mengajukan para Bacaleg ke KPU Kota Pasuruan sementara 1 Parpol yaitu dari Partai Garuda (Garda Perubahan Indonesia) yang dinyatakan belum siap.

“KPU Kota Pasuruan sudah melalui tahapan penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD Kota Pasuruan, sejak saat itu kami melakukan rapat Pleno kemudian kami melaksanakan rekapitulasi”, kata Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari didampingi Bawaslu saat jumpa pers di kantor KPU, Selasa (16/5) sekira pukul 10.00 WIB.

Diketahui ke 17 Parpol yang resmi mengajukan itu diantaranya PDI-P, Nasdem, Hanura, PKS, PAN, Gerindra, PPP, PKB, Gelora Indonesia, Golkar, Demokrat, PBB, Perindo, PKN, Partai Ummat, PSI dan PBI.

Royce juga menambahkan, “Didapatkan ada tujuh belas partai politik yang telah menerima tanda terima penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD, dan ada satu partai politik yang tidak melakukan pengajuan bakal calon”, imbuhnya.

Dikatakan oleh Royce, secara keseluruhan dari 17 Parpol yang mengajukan Bacaleg ke KPU terhitung ada sebanyak 434 bakal calon yaitu terdiri dari 266 laki-laki dan 168 perempuan.

“Dari tujuh belas partai politik kami juga merekap daftar bakal calon se Kota Pasuruan, laki laki 266 dan perempuan 168 dengan total bakal calon anggota legislatif Kota Pasuruan sebanyak 434”, ujarnya.

Usai melakukan tahapan pengajuan penerimaan Bacaleg sejak 1 hingga 14 Mei 2023, selanjutnya pihak KPU Kota Pasuruan akan memasuki tahapan verifikasi administrasi.

“Dan untuk Parpol yang tidak mengajukan adalah partai Garuda, karena kami tunggu sampai pukul 23.59 WIB tidak melakukan pengajuan dan konfirmasinya belum siap”, pungkas Royce, dihadapan para awak media yang hadir.

Menurut Royce, bahwa status diterimanya Parpol adalah yang datang ke KPU Kota Pasuruan untuk mengisi register buku. Kemudian surat pengajuan dokumen persyaratan yang diajukan, sudah dinyatakan benar dan lengkap. (Eko/Ghana)