Portal Jatim

Output MoU, Karutan dan Rektor Unars Situbondo Tebar 2000 Benih Lele di SAE Rutan Situbondo

11
×

Output MoU, Karutan dan Rektor Unars Situbondo Tebar 2000 Benih Lele di SAE Rutan Situbondo

Sebarkan artikel ini
Output MoU, Karutan dan Rektor Unars Situbondo Tebar 2000 Benih Lele di SAE Rutan Situbondo
Karutan Situbondo Rudi Kristiawan dan Rektor Universitas Abdurachman Saleh (Unars) Situbondo Karnadi, tebar 2000 benih lele di SAE Rutan Situbondo, Selasa, (16/05/2023)

SITUBONDO – Karutan Situbondo Rudi Kristiawan dan Rektor Universitas Abdurachman Saleh (Unars) Situbondo Karnadi, tebar 2000 benih lele di SAE Rutan Situbondo, Selasa, (16/05/2023) pagi. Hal ini merupakan bentuk output dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Rutan Situbondo dengan Unars Situbondo.

Terhimpun informasi, bahwa benih lele di kolam tersebut akan dibesarkan selama kurang lebih 3 bulan kedepan. Selanjutnya lele itu akan dipasarkan keluar dan diolah di dalam Rutan juga untuk kebutuhan lauk makan WBP.

Sebelumnya, Karutan Situbondo pada Maret lalu melakukan penandatanganan MoU bersama dengan Rektor Unars Karnadi di Aula Rutan Situbondo.

Banyak bidang hal yang dicantumkan dalam kerjasama itu. Utamanya dalam hal pemberian pelatihan, antara lain pelatihan bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kewirausahaan, Pendidikan, Kemandirian serta Kerohanian.

Rudi Kristiawan didampingi Karnadi beserta jajaran saat ditemui setelah menebar ikan, ia menyampaikan bahwa hari ini baru saja menebar benih lele secara bersama.

“Sebelumnya kami beserta jajaran Unars juga diberikan pelatihan budidaya pertanian hidopronik. Dan ini hasilnya bisa kita lihat bersama, sudah menunjukkan hasil dan perkembangan yang sangat cepat dan luar biasa,” ujarnya.

Lanjut Rudi, tadi juga kita ngobrol bersama dan melihat lahan yang ada. “Rencana kedepan akan ada peternakan ayam juga dibelakang sana,” imbuhnya.

Rudi menjelaskan, dalam konsep Rutan Situbondo kedepan, Branggang Rutan Situbondo ini menjadi sarana asimilasi dan edukasi yang bisa dijadikan juga sebagai laboratoriumnya Mahasiswa Universitas Abdurrachman Saleh. “Banyak hal-hal positif yang bisa kita gali dan laksanakan dari kerjasama (MoU) ini,” jelas Rudi.

Sementara itu, Karnadi selaku Rektor Unars menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pihak Rutan Situbondo yang telah menggandeng Unars Situbondo dalam hal pembinaan kepada WBP.

“Tentunya kami dari Unars sangat mendukung dan siap bekerjasama memberikan pelatihan yang dibutuhkan dan ini bentuk tanggung jawab kita bersama sebagai satu kesatuan masyarakat dalam rangka mensukseskan program pembinaan yang berkelanjutan kepada WBP untuk nantinya dijadikan bekal di luar Rutan dan bisa menafkahi hidupnya,” ujar Karnadi, Rektor Unars Situbondo.(Via/Kim)