Portal DIY

Muhammadiyah DIY Calonkan Syauqi Soeratno sebagai Anggota DPD RI Periode 2024-2029

12
×

Muhammadiyah DIY Calonkan Syauqi Soeratno sebagai Anggota DPD RI Periode 2024-2029

Sebarkan artikel ini
Muhammadiyah DIY Calonkan Syauqi Soeratno sebagai Anggota DPD RI Periode 2024-2029
Ketua LHKP Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Farid Bambang S dalam penjelasan kepada awak media (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Muhammadiyah D.I. Yogyakarta (DIY) menentukan satu nama Ir Ahmad Syauqi Soeratno MM sebagai calon anggota DPD RI periode 2024-2029 utusan Muhammadiyah DIY.

Sikap Muhammadiyah DIY terhadap partai politik 2024 itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Drs Farid Bambang Siswantoro MIP kepada  pers di Yogyakarta, Rabu (19/4/2023).

Farid menyampaikan bahwa Muhammadiyah memiliki sikap proaktif dalam rangka menjadikan politik sebagai hikmah kebaikan bagi masyarakat luas. Hal ini bertolak dari perkhidmatan kebangsaan Muhammadiyah yang dirumuskan dalam pernyataan bahwa negara Pancasila sebagai Dar al-‘Ahdi wa al-Syahadah’.

Ia mengibaratkan Muhammdiyah sebagai rumah keluarga, tempat anak-anaknya dibesarkan. Yang pada perannya masing-masing putra/i Muhammadiyah itu tersebar ke semua penjuru, berserikat dan menjalani afiliasi politiknya sendiri-sendiri.

“Dalam kaitan ini pada sisi proaktifnya, Muhammadiyah DIY sudah memutuskan mengirimkan salah seorang putra terbaiknya untuk running sebagai calon DPD RI, yakni Ir Ahmad Syauqi Soeratno,” jelas Farid.

Sebagaimana diketahui, anggota DPD atau senator adalah representasi politik daerah dalam kelembagaan di Senayan. Dengan menyadari potensi sumberdaya insaninya, Muhammadiyah DIY mengikutsertakan salah satu kadernya tersebut. Untuk ikut menjadi representasi daerah dengan keunikannya ini sebagai bentuk perkhidmatan kebangsaan yang dimiliki.

Menurutnya, Muhammadiyah pada prinsipnya memperlakukan semua partai secara adil dan mengambil kedekatan politik yang sama dengan semua partai. “Dengan demikian maka semua parpol peserta pemilu diharapkan tidak mengklaim sepihak yang menyelisihi sikap politik Muhammadiyah ini,” kata Farid.

Pada saat sama, lanjutnya,  Muhammadiyah DIY menghargai aspirasi masyarakat yang disalurkan melalui cara-cara yang dibenarkan peraturan perundangan, fatsun politik yang beretika luhur atau akhlaqul karimah.

Muhammadiyah menyerukan kepada semua pihak untuk mengindahkan kebajikan politik  demikian itu dengan terus memperhatikan kepentingan membangun, menjaga dan merawat bangsa dan negara.

“Jangan sampai kita abai terhadap hal ini karena pengabaian itu kontra produktif bagi tujuan dan kebaikan negara dan bangsa ini,” pungkas Farid. (bams)