Portal Jatim

Muadzin asal Desa Awar-awar Ditemukan Meninggal Setelah Hilang 7 Hari

12
×

Muadzin asal Desa Awar-awar Ditemukan Meninggal Setelah Hilang 7 Hari

Sebarkan artikel ini
Muadzin asal Desa Awar-awar Ditemukan Meninggal Setelah Hilang 7 Hari
Proses evakuasi jasad korban.

SITUBONDO – Seorang muadzin, Pak Sukdin (60), warga Kp. Barat RT 002 RW 006 Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, ditemukan warga sudah dalam keadaan meninggal dunia di kebun tebu, Minggu (21/5/2023) sore. Sebelum ditemukan meninggal, korban yang pekerjaannya sebagai buruh tani ini, sempat dinyatakan hilang sejak Senin, (15/5/2023) siang atau sejak 7 hari lalu.

Informasi terhimpun portal-indonesia.com, mayat korban pertamakali ditemukan oleh Pak Erfandi (45) warga kampung Tenggara Desa Bantal saat mencari rumput dan daun tebu.

Penemuan mayat oleh warga ini diketahui Tim SAR Gabungan dan sejumlah unsur/pihak terkait setelah mendapat informasi dari Kades Awar-Awar.

Sebelum mendapat informasi terkait penemuan mayat, Tim SAR Gabungan di hari ke-7 melanjutkan pencarian dan penyisiran terhadap korban hilang di lokasi Utara kantor Balittas (area perkebunan tebu dan hutan Banyuputih) tempat warga bertemu/melihat korban.

“Pencarian/penyisiran terhadap korban hilang pada hari ke-7, tim berangkat mulai pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB,” ungkap Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo.

Kemudian pada pukul 16.15 WIB, Tim SAR Gabungan mendapat informasi dari Kades Awar-Awar bahwa salah satu warganya melihat ada sesosok mayat di kebun tebu yang berada di area perbatasan antara Desa Awar-awar dan Desa Bantal.

Berdasarkan informasi dari Kades Awar-Awar, bahwa saat warganya (Pak Erfandi) sedang mencari rumput dan daun tebu di kebun tebu tersebut, tiba-tiba mecium bau busuk.

Ketika mencoba mencari sumber bau busuk, dia (Pak Erfandi) terkejut melihat sesosok jasad manusia dalam kondisi terlentang dan sudah meninggal dunia.

“Korban ditemukan di kebun tebu di area perbatasan antara Desa Awar-awar dan Desa Bantal yang berjarak ±300 meter dari sepeda motor milik korban dimana sepeda motor itu ditemukan saat pihak keluarga korban dibantu warga melakukan pencarian terhadap keberadaan korban beberapa hari lalu,” terang Puriyono.

Muadzin asal Desa Awar-awar Ditemukan Meninggal Setelah Hilang 7 Hari

Setelah itu pihak Tim SAR Gabungan bersama pihak pemerintah desa dan anggota keluarga mengecek penemuan korban tersebut.

“Ternyata benar korban yang ditemukan warga sudah dalam kondisi meninggal, adalah korban hilang yang selama ini dicari keberadaannya,” ungkap Puriyono.

Selanjutnya pihak Desa melaporkan penemuan korban tersebut ke Polsek Asembagus, dan Anggota Polsek langsung menghubungi Tim Inafis Polres Situbondo.

Pukul 18.35 WIB Tim Inafis Polres Situbondo tiba di lokasi dan langsung melakukan pemeriksaan terhadap korban.

“Pukul 18. 50 WIB jenazah korban dievakuasi dan langsung dibawa ke RSUD Abdoer Rahem Situbondo menggunakan ambulans dari Puskesmas Asembagus untuk dilakukan pemeriksaan medis,” pungkas Puriyono.

Menurut keterangan dari Basarnas setelah korban ditemukan dan diserahkan kepada pihak terkait dan keluarga, Operasi SAR Gabungan pencarian orang hilang di Desa Awar-Awar Kecamatan Asembagus ditutup dan seluruh anggota tim SAR Gabungan dikembalikan kepada kesatuan masing-masing.(Kim)