Portal DIY

Momen Harkitnas 20 Mei Ini Forum 2045 Sampaikan Seruan Moral Politik

12
×

Momen Harkitnas 20 Mei Ini Forum 2045 Sampaikan Seruan Moral Politik

Sebarkan artikel ini
Momen Harkitnas 20 Mei Ini Forum 2045 Sampaikan Seruan Moral Politik
Ketua Forum 2024 Dr Untoro Hariadi dalam keterangannya kepada awak media (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Memanfaatkan momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023 hari ini tanggal 20 Mei, Forum 2045 menyampaikan seruan moral politik di Museum Sasana Wiratama Tegalrejo Yogyakarta, Sabtu (20/5/2023).

Menyikapi perkembangan pancaroba kondisi politik berbangsa dan bernegara pada menjelang Pemilu 2024 saat ini Forum 2045 menyampaikan sembilan pokok seruan moralnya.

Dalam seruan moral bertajuk ‘Pemilu 2024: Rakyat Berdaulat, Politik Bermartabat’ kelompok guru besar dan akademisi yang tergabung dalam forum 2045 mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mempelajari, memahami dan menegakkan konstitusi dengan meneguhkan kedaulatan di tangan rakyat.

“Karena rakyat adalah pelaku utama demokrasi, dan partai sebagai wadah aspirasi diatur dan dikendalikan secara konstitusional. Sehingga partai wajib memperhatikan aspirasi rakyat,”  ujar Ketua Forum 2045 Dr Untoro Hariadi.

Ia menyampaikan sejak tiga minggu lalu para guru besar dan akademisi dari berbagai universitas berkumpul. Mereka menemukan risalah bahwa Indonesia sedang tidak baik. Karenanya mereka yang tergabung dalam forum ini memutuskan untuk bergerak agar stakeholder  bisa berkonsentrasi penuh pada Pemilu 2024 menjadi proses yang baik. Tonggak awal agar jalannya kembali pada maksud didirikannya negara ini.

Forum ini menyerukan agar pemilu 2024 nanti bukan menjadi ajang adu fisik atau hal-hal buruk lainnya, melainkan adu gagasan untuk bangsa. “Ini adalah kajian rutin yang kami lakukan di berbagai daerah. Ini hasil kajian akademisi, menemukan hal-hal seperti ini, kita berikan kontribusi akademik agar semua teredukasi,” katanya.

Dan tanggal 20 Mei  sebagai peringatan Harkitnas saat ini dinilai sebagai momen yang tepat untuk berefleksi.

Momen Harkitnas 20 Mei Ini Forum 2045 Sampaikan Seruan Moral Politik

Menurutnya seluruh elemen masyarakat punya kontribusi untuk mencegah perpecahan seperti yang terjadi  pemilu 2019 lalu. “Kita harap  2024 kualitas pemilu jangan terulang lagi. Pemilu 2024 kualitasnya jangan menurun,” pinta Untoro.

Ia menjelaskan forum ini tidak membicarakan sosok tertentu untuk menjadi pemimpin, namun sebuah gagasan. Ia mempersilahkan siapa pun calon pemimpin untuk menyerap gagasan yang ditawarkan.

“Silakan gagasan ini ditangkap calon pemimpin yang akan berkontestasi. Pemimpin yang punya gagasan, visi ke depan, bukan hanya yang semata menggalang kekuatan,” katanya.

Dalam seruan moral, Forum 2045 juga menyerukan ajakan melangkah serius mewujudkan Indonesia Emas 2045, yakni negara dengan ekonomi yang maju, tatanan negara yang berkeadilan sosial, lingkungan yang lestari, dan masyarakat yang sejahtera.

Selain itu seruan mewujudkan demokrasi Pancasila dengan mengutamakan nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan keteladanan, dalam berkompetisi secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

Seruan seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan pemilu 2024 berjalan tertib, aman, dan damai serta menjamin partisipasi seluruh rakyat. Tidak disetir oleh segelintir elit oligarki ekonomi dan elit partai politik.

“Kami juga menyerukan agar seluruh rakyat Indonesia, warga masyarakat digital (netizen) cerdas dan kritis, agar waspada tidak terpengaruh ujaran kebencian, fitnah, berita palsu, atau berbagai upaya adu domba yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa,” jelasnya. (bams)