Momen Asyura, LPK Barata Santuni Puluhan Anak Yatim di 4 Kelurahan

Momen Asyura, LPK Barata Santuni Puluhan Anak Yatim di 4 Kelurahan
Presidium DPP LPK Barata didampingi sang istri dan anggota lain, saat menyalurkan santunan ke anak yatim di Bakalan.

PASURUAN – Bertepatan dengan 10 Muharam 1443 Hijriyah/2021 Masehi atau yang dikenal sebagai hari Asyura, keluarga besar DPP Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Barisan Rakyat Jelata (Barata) Pasuruan, Jawa Timur, menggelar acara santunan untuk puluhan anak yatim piatu yang tersebar di 4 titik Kelurahan di Kota Pasuruan, Kamis (19/8) siang.

Sejumlah anak yatim piatu yang mendapat santunan tersebut berada di Kelurahan Bakalan, Blandongan, Tapaan dan Kelurahan Bugulkidul.

Guna menghindari adanya kerumunan dalam pelaksanaan kegiatan sosialnya, LPK Barata memberikan santunan uang dan paket sembako kepada sejumlah anak yatim-piatu itu secara bergilir dari kelurahan satu ke kelurahan yang lain.

Presidium atau Ketua Umum DPP LPK Barata Pasuruan, Irfan Budi Dermawan mengatakan acara itu rutin dilakukan setiap tahun, dan ia bersama seluruh anggota LPK Barata memiliki keinginan bisa menjangkau atau menyantuni seluruh anak yatim se-Kota Pasuruan. Namun, untuk saat ini disesuaikan dengan batas kemampuan yang ada.

“Ini acara rutin yang digelar setiap tahun, dan sebetulnya kalau kemauan kita se Kota Pasuruan, hanya saja bergantung karena keadaan atau rejeki yang ada saat ini untuk kita bagikan”, kata Mas Irfan (panggilan akrabnya).

Mas Irfan juga menjelaskan, bahwa santunan dan paket sembako tersebut selain hasil gotong royong dari internal anggotanya, juga berasal dari beberapa donatur.

“Ini sebagian dari kita pribadi, dan ada juga dari beberapa dermawan yang nitip. Karena mereka (dermawan) tidak sempat, jadi melalui kita untuk membagikan ke anak-anak yatim”. Ungkapnya.

Momen Asyura, LPK Barata Santuni Puluhan Anak Yatim di 4 Kelurahan
Foto bersama, keluarga besar LPK Barata dengan beberapa anak yatim.

Guna mempertahankan sekaligus menjangkau santunan yang lebih luas, secara pribadi Presidium LPK Barata mengajak anggota dan seluruh elemen masyarakat untuk lebih peduli lagi serta menebar kasih sayang kepada setiap anak yatim yang ada.

“Saya mengajak khususnya seluruh anggota LPK Barata, supaya mau berbagi setahun sekali di momen bulan muharram ini. Dan saya berusaha membiasakan diri untuk selalu peduli kepada anak-anak yatim, karena tanggung jawab kita bukan hanya pada anak istri tapi anak-anak yatim itu tanggung jawab kita juga”, pungkasnya.

Pantauan di lokasi, tak sedikit anggota LPK Barata yang ikut dalam acara tersebut.

Bahkan, Ketua DPP sendiri merasa terenyuh karena kehadirannya bisa menghibur ditengah-tengah anak yatim yang ada dan ia berharap santunan dan paket sembako itu bisa memberikan manfaat baik bagi para anak yatim yang hadir, dan amal baik para donatur mendapat pahala dari Allah SWT.

Sekedar untuk diketahui, setiap tanggal 10 Muharram selain dikenal sebagai Hari Asyura, juga disebut sebagai Hari Lebaran Anak Yatim yang pelaksanaannya berbarengan dengan perayaan tahun baru Islam, sehingga momen tersebut banyak dijadikan ladang amal terutama oleh sebagian besar umat islam di seluruh penjuru dunia.

Reporter: Eko/Ghana

Tinggalkan Balasan

error: