Merokok di Tempat Tidur, Kakek di Purbalingga Tewas Terpanggang

Merokok di Tempat Tidur, Kakek di Purbalingga Tewas Terpanggang
Petugas mengevakuasi korban (Ist)

PURBALINGGA – Sebuah rumah di wilayah Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga terbakar, Minggu (22/8) dini hari. Akibat kejadian itu, pemilik rumah, Musraji (73) meregang nyawa terpanggang api tersebut.

Usut punya usut, kebakaran diduga kuat lantaran sebelumnya korban diketahui sedang merokok sambil tiduran di tempat tidur. Ditengarai api berasal dari puntung rokok yang masih menyala terjatuh di kasur.

Kepala Satpol PP Purbalingga Suroto menyampaikan, peristiwa pertama kali diketahui sekitar pukul 00.30 WIB. Lokasi kejadian yakni rumah milik Musraji (73), yang berada di RT 1 RW 1, Purbalingga Lor. Pertama kali diketahui oleh warga setempat bernama Muftahi Ali saat hendak pulang. “Sekitar pukul 00.30 saksi 1 hendak pulang dan melihat kobaran api di rumah korban,” katanya.

Selanjutnya Ali memberitahukan pada rekannya, Lujeng Santosa. Hingga kemudian diteruskan oleh saksi 2, memberitahu warga yang sedang melaksanakan ronda. Warga pun berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sembari menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran.

Pukul 01.00 WIB, petugas Damkar beserta dua unit mobil Pemadam kebakaran tiba di lokasi guna melakukan penanganan. Api berhasil dipadamkan pada pukul 02.30 WIB

Setelah api dipadamkan, petugas mengevakuasi korban. Saat itu korban ditemukan berada di kamar mandi dalam keadaan tertimpa seng dan bambu. Kondisi korban sudah meninggal dunia. Selanjutnya Tim BPBD Purbalingga membawa korban ke RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh dr. Angkat Prasetyo bahwa korban meninggal karena kehabisan oksigen dan mengalami luka bakar 90%,” terangnya.

Terkait sumber api, lanjut Suroto, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, bahwa korban sebelumnya diketahui sedang merokok sambil tiduran di tempat tidur. Disinyalir api berasal dari puntung rokok menyala yang terjatuh di kasur. (Dar)

Tinggalkan Balasan

error: