Portal Jatim

Menyongsong Pemilu 2024, Ketua DPC Hanura Kota Pasuruan Optimis Tambah Satu Kursi Legislatif

45
×

Menyongsong Pemilu 2024, Ketua DPC Hanura Kota Pasuruan Optimis Tambah Satu Kursi Legislatif

Sebarkan artikel ini
Menyongsong Pemilu 2024, Ketua DPC Hanura Kota Pasuruan Optimis Tambah Satu Kursi Legislatif
Ketua DPC Partai Hanura Kota Pasuruan, Farid Misbah

PASURUAN — Menuju perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 mendatang, Ketua DPC Partai Hanura Kota Pasuruan, Farid Misbah menargetkan 4 kursi atau masing-masing Dapil 1 kursi.

Target itu dinilai oleh Farid Misbah sangatlah realistis, mengingat pada Pemilu sebelumnya partai Hanura Kota Pasuruan meraih 3 kursi di DPRD Kota Pasuruan dari 4 Dapil yang ada.

Dengan berpedoman pada undang-undang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7 tahun 2017, termasuk UU PKPU terbaru yaitu mengenai pembagian Dapil.

Pada prinsipnya Farid Misbah berharap, agar sejatinya pelaksanaan Pemilu 2024 dilkakukan melalui sistem proporsional terbuka seperti pada pemilihan sebelumnya.

“Kemarin kita baru terima terkait undang-undang PKPU terbaru, khususnya masalah tahapan. Secara prinsip kami taati pedoman yang ada, artinya kita harus bisa menyajikan tahapan itu karena secara internal juga sudah diintruksikan melalui pimpinan di Jawa Timur maupun pusat”, kata Farid Misbah, saat ditemui di kantor DPRD Kota Pasuruan, Rabu (8/2) siang.

Sembari menanti putusan MK soal apakah Pemilu nantinya akan dilakukan secara tertutup atau terbuka, sejauh ini partai Hanura Kota Pasuruan telah mempersiapkan hal hal yang berkaitan dengan tahapan Pemilu.

Termasuk soal strategi penguatan perolehan suara di setiap Dapil, sehingga nantinya target yang telah direncanakan dapat terealisasikan dengan baik.

“Persiapan-persiapan yang sudah kita lakukan itu adalah penguatan perolehan kursi di masing-masing Dapil, dan kami realistisnya per Dapil bisa diisi satu orang. Itulah yang Insha Allah kita targetkan pada Pemilu 2024 nanti”, ujar Ketua DPC Partai Hanura Kota Pasuruan.

Diketahui bahwa partai Hanura Kota Pasuruan pada pemilihan 2019 kemarin, secara keseluruhan mendapatkan sebanyak 13.032 suara.

“Dari empat Dapil kami bisa mengisi tiga Dapil, dengan total perolehan suara sebanyak 13.032 suara. Hanya saja yang satu Dapil kurang 200 sampai 300 suara, maka kami harus berhitung ulang pemerataan di tiap Dapil secara keseluruhan baik suara partai ataupun perorangan nantinya”, imbuh Farid, yang menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan periode 2019-2024.

Dan apabila nantinya pelaksanaan Pemilu 2024 resmi dilakukan secara tertutup, tidak menutup kemungkinan pola atau strategi yang selama ini dibangun juga ikut berubah.

“Kalau ini nanti jadi tertutup, maka dinamikanya sangat luar biasa dan ini tidak hanya di Hanura termasuk partai partai besar lainnya juga akan berhitung ulang terkait strategi dan lainnya”, pungkas Farid, yang saat ini sebagai Koordinator di Komisi III . (Eko/Ghana)