BeritaNasional

Menteri Keuangan Sri Mulyani : Catat Jadwal Pencairan THR PNS 2024

513
×

Menteri Keuangan Sri Mulyani : Catat Jadwal Pencairan THR PNS 2024

Sebarkan artikel ini
Menteri Keuangan Sri Mulyani : Catat Jadwal Pencairan THR PNS 2024
THR PNS 2024 - Terjawab sudah THR PNS 2024 kapan cair, simak penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani soal jadwal pencairan THR PNS 2024.(Instagram smindrawati) © Disediakan oleh TribunKaltim.co

JAKARTA — Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, telah memberikan penjelasan mengenai jadwal pencairan Tunjangan Hari Raya  untuk Pegawai Negeri Sipil (THR PNS 2024) . Dalam laporannya kepada Presiden Joko Widodo pada Senin (19/2/2024), Sri Mulyani menyampaikan persiapan pembayaran THR dan gaji ke-13 agar dapat diproses 10 hari sebelum Idul Fitri 2024.

Menurut Sri Mulyani, persiapan tersebut dilakukan sesuai dengan Undang-undang APBN 2024 agar pembayaran THR dan gaji ke-13 dapat dilaksanakan tepat waktu. Ia menjelaskan hal ini kepada Presiden sebagai langkah awal dalam proses penyusunan rencana peraturan pemerintah agar eksekusi pembayaran dapat dilakukan dengan lancar.

Selain itu, Sri Mulyani juga memaparkan perubahan dan penyesuaian anggaran APBN 2024 yang telah terjadi. Presiden Jokowi memberikan arahan kepada Menteri Keuangan dalam menangani situasi ekonomi saat ini, terutama dalam kondisi transisi untuk memastikan kelancaran perekonomian.

Di sisi lain, Ketua Bidang Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Bob Azam, menegaskan bahwa ketentuan pembayaran THR bagi karyawan swasta juga telah diatur, di mana paling lambat THR harus dibayarkan H-7 sebelum Lebaran. Pengusaha diharapkan mematuhi Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh yang akan dikeluarkan oleh Menteri Tenaga Kerja.

Pemberian THR keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh, dan diharapkan pembayaran THR tahun ini dapat berjalan lancar. Apabila terdapat kendala, Apindo mendorong penyelesaian melalui perundingan bipartit antara pekerja, serikat pekerja, dan perusahaan terkait.

Dengan demikian, penjelasan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memberikan gambaran yang jelas mengenai jadwal pencairan THR PNS 2024 dan peran yang diemban oleh pihak terkait dalam memastikan pembayaran tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.