Portal Jatim

Memperingati Ruwat Desa, Desa Rangkah Kidul Terus Lestarikan Tradisi

44
×

Memperingati Ruwat Desa, Desa Rangkah Kidul Terus Lestarikan Tradisi

Sebarkan artikel ini
Memperingati Ruwat Desa, Desa Rangkah Kidul Terus Lestarikan Tradisi

SIDOARJO — Warga Desa Rangkah Kidul menunjukkan antusiasme mereka dalam mengikuti perayaan Ruwat Desa.

Pemerintah Desa Rangkah Kidul menggelar acara yang telah menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang, diadakan di Balai Desa Rangkah Kidul pada Sabtu (17/02/2024).

Ratusan warga Desa dengan penuh sukacita membawa makanan dan kue dari rumah masing-masing untuk merayakan peristiwa Ruwat Desa tersebut.

Acara Ruwat Desa dimeriahkan dengan arak-arakan Gunungan tumpeng dari Gedung Serbaguna Desa Rangkah Kidul menuju Balai Desa.

Memperingati Ruwat Desa, Desa Rangkah Kidul Terus Lestarikan Tradisi

Kepala Desa Rangkah Kidul, H. Warlheiyono, menyatakan, “Ini merupakan bentuk syukur kepada Allah atas terselenggaranya Ruwat Desa ini, serta penghormatan kepada leluhur kita seperti Mbah Janti, Mbah Merani, dan Mbah Dowo yang telah menjadi cikal bakal sebelum terbentuknya Pemerintah Desa ini.”

Warlheiyono menambahkan, “Kami melibatkan seluruh warga Desa dari RT 1 hingga RT 22 dalam acara Ruwat Desa ini untuk mengajak mereka bersama-sama bersyukur dan mengenang jasa leluhur kita. Ini merupakan ungkapan syukur dari masyarakat Desa Rangkah Kidul.”

Sementara itu, Sekretaris Desa Rangkah Kidul, Drs. H. Santriyo, MM, menjelaskan, “Peringatan Ruwat Desa ini penting untuk mewarisi dan melestarikan budaya yang telah dilakukan oleh leluhur sejak zaman dahulu. Ini adalah kearifan lokal yang harus terus dijaga oleh warga desa.”

Tujuan dari Ruwat Desa tidak hanya untuk meminta keselamatan dari Allah SWT dan kelimpahan hasil bumi, tetapi juga sebagai pengingat akan pergeseran aktivitas ekonomi masyarakat Desa.

Meskipun pertanian dan sawah telah bertransformasi menjadi lahan pergudangan, Pemerintah Desa berupaya menjaga kerjasama dengan investor di sektor tersebut guna tetap melestarikan budaya dan mendapatkan rezeki yang berlimpah dari Allah.