Artikel dan Ulasan

Membangun Keharmonisan dalam Berhubungan Seks selama Ramadhan

222
×

Membangun Keharmonisan dalam Berhubungan Seks selama Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Membangun Keharmonisan dalam Berhubungan Seks selama Ramadhan
Ilustrasi

JAKARTA — Selama Ramadan, dalam Islam setiap muslim yang beriman dan mampu wajib menjalankan ibadah puasa dari waktu subuh hingga azan magrib berkumandang.

Beberapa hal yang dapat membatalkan puasa juga sebaiknya dihindari, mulai dari makan, minum, hingga hubungan intim bagi suami istri

Namun, bagi suami istri, berhubungan badan penting untuk tetap dilakukan guna menjaga keharmonisan rumah tangga, hal ini juga baik bagi pasutri yang baru menikah.

Dilansir dari laman web UGM, Pakar filsafat Jawa, Prof DR Damardjati Supadjar mengatakan bahwa hasrat seksual seseorang cenderung meningkat saat berpuasa di bulan Ramadan.

Meski menjalankan ibadah puasa sehari penuh saat Ramadhan 2024 dapat menyebabkan kondisi fisik menurun, gairah seksual yang meningkat harus dikontrol dengan baik dan teratur agar tetap sesuai dengan ajaran agama dan dapat meningkatkan keimanan seseorang.

Waktu yang ideal dan sehat bagi pasangan suami istri untuk berhubungan badan di bulan Ramadan tanpa mengganggu ibadah dan tanpa membatalkan puasa tentunya perlu diperhatikan.

Berdasarkan Surat Al-Baqarah Ayat 187, yang menjelaskan waktu terbaik untuk melakukan hubungan seks bagi suami istri adalah saat malam hari hingga menjelang fajar atau sebelum imsak.

Jika pasutri melakukan hubungan intim di luar waktu itu, maka hukumnya menjadi haram dan dapat membatalkan puasa.

Perlu diingat bagi pasangan suami istri, bahwa setelah berhubungan badan, maka wajib bagi pasangan suami istri untuk mandi junub agar kembali suci.

Dilansir dari situs Halodoc, waktu yang ideal dan tidak membatalkan puasa bagi pasangan suami istri untuk melakukan hubungan seksual adalah:

– Minimal 3 jam setelah berbuka puasa.

– Tengah malam, setelah ibadah ramadan selesai dilakukan.

– Menjelang sahur, sebelum waktu sahur.

Dengan memperhatikan waktu-waktu tersebut, diharapkan pasangan suami istri dapat menjaga keharmonisan rumah tangga serta tetap menjalankan ibadah puasa dengan baik selama bulan Ramadan.(*)