Portal Jateng

May Day, Bupati Kebumen Ingatkan Perusahaan Berikan Gaji Buruh Sesuai UMK

10
×

May Day, Bupati Kebumen Ingatkan Perusahaan Berikan Gaji Buruh Sesuai UMK

Sebarkan artikel ini
May Day, Bupati Kebumen Ingatkan Perusahaan Berikan Gaji Buruh Sesuai UMK
Peringatan Hari Buruh di Kebumen

KEBUMEN – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kembali mengingatkan kepada perusahaan atau pengusaha untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberikan gaji minimal sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK).

Hal itu disampaikan Bupati saat menggelar Hari Buruh Nasional yang diperingati setiap 1 Mei atau May Day di halaman Pendopo Kabumian, Senin 1 Mei 2023. Ribuan buruh dari berbagai perusahaan turut meramaikan kegiatan tersebut, sekaligus dibarengi dengan halal bi halal.

“Penerapan upah minimum di Kebumen alhamdulillah sudah berjalan dengan baik, bagi perusahaan yang belum melaksanakan, saya minta untuk bisa segera diberikan sesuai UMK yang telah ditetapkan pemerintah,” ujar Bupati.

Diketahui, berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 561/54 Tahun 2023 tentang Upah Minimum pada 35 (tiga puluh lima) Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, Upah Minimum Kabupaten Kebumen ditetapkan sebesar Rp. 2.035.890,04.

“Untuk pemberian gaji UMK itu tidak berlaku bagi UMKM. Karena UMKM ini masih harus melihat kondisi, tidak bisa disamakan dengan perusahaan yang besar-besar,” jelas Bupati.

Bukan hanya gaji, perusahaan juga harus memperhatikan kesejahteraan buruh dengan memberikan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Bagaimana pun kata Bupati, pelaku usaha tidak akan mungkin bisa bergerak tanpa adanya buruh atau karyawan.

“Karena itu adalah hak karyawan yang harus didapat dari perusahaan tempat dia bekerja. Sayangilah buruh, maka Insya Allah usaha akan maju,” ujar Bupati.

Bupati menyayangkan masih ada laporan dari masyarakat mengenai sejumlah perusahaan di Kebumen yang belum memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Padahal itu wajib diberikan sesuai amanat UU. Terkait hal tersebut, pemerintah daerah sudah mengadukan ke pemerintah pusat atau ke Kementerian Ketenagakerjaan.

“Sudah kita laporkan ke Kementerian Ketenagakerjaan untuk bisa ditindaklanjuti. Harapannya memang tidak ada lagi karyawan yang tidak mendapat THR, perusahaan wajib memberikan,” terangnya.

Peringatan Hari Buruh di Kebumen cukup meriah, diawali dengan jalan sehat, senam bersama, lomba nasi tumpeng, dan pembagian 500 macam hadiah atau doorprize, dari sepeda lipat, kulkas, mesin cuci, kompor gas, kipas angin dan masih banyak lainnya. (*/mad)