Portal Sumsel

Masyarakat Kritik Keras Aktivitas Seismik 3D Abab

14
×

Masyarakat Kritik Keras Aktivitas Seismik 3D Abab

Sebarkan artikel ini
Masyarakat Kritik Keras Aktivitas Seismik 3D Abab

PALI SUMSEL. portal-indonesia.com – Masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Betung Raya Abab mengkritik keras aktivitas seismik 3D Abab yang dilaksanakan oleh PT Daqing Citra PTS.

Selain itu, Forum Masyarakat Betung Raya Abab juga menolak surat jaminan yang dilayangkan oleh PT Daqing Citra PTS.

Menurut Ketua Forum Masyarakat Betung Raya Abab, Taufik EF, surat jaminan yang dibuat oleh PT Daqing Citra PTS diklaim hanya menguntungkan perusahaan semata. Sementara masyarakat di wilayah Kecamatan Penukal, Abab, dan Tanah Abang, dirugikan.

“Pergub Nomor 40 Tahun 2017 tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Surat jaminan yang dibuat, sangat merugikan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat menolak.” kata Taufik EF.

Menurut Taufik EF, Pergub yang selalu didengungkan oleh perusahaan tidak menyertakan perhitungan dan analisa terhadap dampak lingkungan dari kegiatan seismik.

“Forum menghimbau agar pihak terkait, dalam hal kni pihak Pemkab Pali, DPRD Pali, PT Daqing Citra PTS dan PT Pertamina dapat mengambil kebijakan yang tidak merugikan masyarakat. Sesuai himbauan presiden Jokowi. Boleh melakukan kegiatan ekplorasi dan ekploitasi tapi masyarakat jangan dirugikan,” ucapnya.

Masyarakat Kritik Keras Aktivitas Seismik 3D Abab

Sementara menurut analisa masyarakat, bahwa lahan karet yang akan dilakukan kegiatan seismik, bisa merusak tanaman dan tumbuhan yang ada di atasnya. Terutama pada pohon karet yang bisa mengakibatkan hasil dari produksi karet itu bisa berkurang bahkan hilang.

Tidak hanya itu, getaran-getaran dari dampak aktifitas kegiatan seismik, juga bisa merusak akar tanaman dari pohon karet ataupun tanaman lainnya. Terlebih lagi tanah di wilayah Betung sangat rentan terhadap getaran-getaran.

“Kemudian ledakan dari kegiatan seismik bisa membuat lubang dan memungkinkan menimbulkan semburan yang bisa merusak lingkungan sekitar,” urai Taufik EF.

Harapan senada juga disampaikan Wisnu Dwi Saputra, SH.

Dia meminta surat jaminan yang dibuat oleh PT Daqing Citra PTS direvisi.

“Kami hanya ingin agar dalam pembuatan surat itu, dilibatkan dan diminta pendapat para masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat. Sehingga hasil surat nantinya bisa disepakati jika memang semuanya sudah duduk bersama,” ucap Wisnu.

Tokoh pemuda asal Desa Purun yang juga Wakil Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Pali ini, juga meminta agar pihak-pihak terkait jangan mementingkan ego dan kepentingan pribadi semata.

“Terus juga, kami tidak ada bermaksud memprovokasi masyarakat. Kami hanya ingin masyarakat dalam kegiatan seismik tidak dirugikan. Jadi, mari kita duduk bersama, dengan masyarakat, pihak lainnya. Tentu kami tidak ingin menghambat pekerjaan dari pihak perusahaan untuk mencari sumber minyak terbaru. Tapi ya tolong, tolong jangan sampai masyarakat yang dirugikan,” pungkasnya. (Lidian Heri)