Portal Papua Barat

Manokwari Selatan Jadi Sasaran Latgab TNI, Kodam XVIII/Kasuari Siap Dukung Sepenuhnya 

11
×

Manokwari Selatan Jadi Sasaran Latgab TNI, Kodam XVIII/Kasuari Siap Dukung Sepenuhnya 

Sebarkan artikel ini
Manokwari Selatan Jadi Sasaran Latgab TNI, Kodam XVIII/Kasuari Siap Dukung Sepenuhnya 

MANOKWARI. portal-indonesia.com – Latihan Gabungan (Latgab) TNI baik Angkatan Darat, Laut dan Udara untuk TA. 2023 siap digelar, dimana untuk Kogabwilhan III Latgab akan direncanakan di salah satu wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Kodam XVIII/Kasuari melalui peryataan yang disampaikan oleh Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., tentunya siap untuk mendukung sepenuhnya Latgab TNI TA. 2023 diwilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Asisten Operasi (Asops) Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Aswin Kartawijaya, dalam keterangan persnya mengatakan bahwa tahapan pertama Latgab TNI TA. 2023 ini mulai dilaksanakan diawali dengan menerima rombongan Kodiklat TNI, pada Sabtu, (27/5/2023) lalu di Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Kedatangan rombongan dari Kodiklat TNI yang dipimpin langsung oleh Brigjen TNI Khairul Anwar, selaku Direktur Latihan Kodiklat TNI langsung disambut oleh Pangdam, Kasdam Irdam dan para Staf Ahli Pangdam serta para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari di ruang Yudha dilanjutkan dengan briefing awal dalam rangka peninjauan terhadap medan yang akan digunakan dalam Latgab TNI TA. 2023.

“Peninjauan daerah latihan yang dilaksanakan selama dua hari lamanya, sejak 28 sampai dengan 29 Mei 2023 ini bertempat di daerah Manokwari Selatan. Peninjauan daerah Latgab ini, merupakan salah satu pertimbangan kapan dilakukan latihan gabungan tersebut, namun dari segi kesiapan dari semua angkatan dan untuk personel yang dilibatkan sampai dengan saat ini masih pada proses perumusan yang tentunya melibatkan banyak personel baik itu Angkatan Darat, Laut maupun Udara,” jelasnya.

Menurutnya, daerah Manokwari Selatan dipilih sebagai daerah Latgab, tentunya dinilai strategis dan mempunyai areal yang cukup mendukung dalam proses Latgab nantinya.

“Selain itu daerah tersebut dinilai terdapat medan latihan yang sesuai dengan materi latihan yang akan dimainkan juga memiliki nilai karakteristik daerah operasi yang akan dilaksanakan”.

“Tujuan dari Latgab ini adalah meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan para prajurit sehingga apabila para prajurit dan seluruh sistemnya diperlukan dalam melaksanakan operasi, semuanya sudah siap. Latihan Gabungan TNI ini akan memberikan gambaran sejauh mana kekuatan, kemampuan, dan kesiagaan operasi TNI untuk menghadapi setiap ancaman yang akan mengganggu kedaulatan NKRI,” kata Asops.

Dengan Latgab TNI TA. 2023 ini diharapkan mampu memberikan keyakinan pada masyarakat, bahwa pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dapat terus berlanjut dan berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Daerah juga dapat dikolaborasikan dengan baik guna mendukung terciptanya keamanan dan kedamaian di tanah Papua Barat dan Papua Barat Daya serta Papua secara keseluruhan,” ungkapnya.(**/red)

Sumber : Pendam XVIII/Ksr