Portal Jatim

Malam Hari Moro-moro Kamar Hunian Rutan Situbondo Digeledah, Ada Apa?

11
×

Malam Hari Moro-moro Kamar Hunian Rutan Situbondo Digeledah, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
Malam Hari Moro-moro Kamar Hunian Rutan Situbondo Digeledah, Ada Apa?
Petugas saat menggeledah kamar hunian WBP Rutan Situbondo, Jawa Timur.

SITUBONDO – Kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Situbondo, pada Senin (8/05/2023) malam, mendadak digeledah oleh petugas Rutan Situbondo, Jawa Timur.

Sebanyak 70 petugas dari jajaran Rutan Situbondo melaksanakan razia penggeledahan secera serentak ke seluruh kamar hunian WBP, mulai pukul 19.00 hingga 21.10 WIB.

Karutan Situbondo Rudi Kristiawan mengatakan, penggeledahan di setiap kamar hunian WBP secara serentak ini dilakukan dalam rangka deteksi dini, pemberantasan narkoba dan menindaklanjuti maraknya pengaduan masyarakat tentang penipuan online yang melibatkan Narapidana dalam lapas seperti yang diberitakan dalam podcast uya kuya.

“Pada malam hari ini, sesuai arahan pimpinan kami seluruh jajaran Rutan Situbondo menggelar razia penggeledahan bersama dengan sasaran HP, Narkoba, Senjata Tajam, dan barang terlarang lainnya,” ungkap Rudi.

Dalam penggeledahan tersebut, petugas di kamar hunian WBP menemukan sejumlah barang yang dianggap berbahaya.

“Sejumlah barang hasil penggeledahan yang berhasil diamankan, yakni sendok alumunium, pisau cukur, korek gas, kayu pentungan, paku, tali pendek, dan sikat gigi yang dimodifikasi menjadi runcing,” ungkap Rudi.

Menurut Rudi, pihaknya mengamankan  sikat gigi yang dimodifikasi menjadi runcing itu, karena digunakan untuk memasukkan gotri buatan ke alat kelamin. “Hal itu sangat berbahaya apabila terjadi infeksi pada alat kelamin orang yang menggunakannya,” tegas Rudi.

Dalam razia penggeledahan di dalam Rutan Situbondo ini, petugas tidak menemukan HP, Narkoba, dan barang terlarang lainnya. “Hal ini tentunya berkat komitmen kuat kita dalam rangka mencegah barang terlarang masuk ke Rutan dan deteksi dini yang dilakukan setiap harinya serta upaya pemberantasan narkoba seluruh jajaran kami,” jelas Rudi dalam acara gelar barang bukti razia.

Ditanya mengenai bagaimana tanggapan terhadap statement podcast uya kuya dan tio pakusadewo, Rudi menjawab dengan tegas itu tidak semuanya benar.

“Kalaupun ada, itu hanya oknum saja yang melakukan pelanggaran dan penyimpangan,” imbuhnya.

Rudi juga menegaskan, bahwa tidak semua lapas, rutan serta pegawai dan WBP seperti yang dituduhkan. Menurutnya, masih sangat banyak lapas rutan, pegawai dan WBP yang baik. “Kalau ada oknum WBP yang masih nakal ya wajar saja, namanya aja dia orang bermasalah, pelanggar hukum dan nakal di luaran sana, tapi tidak untuk digeneralisir semuanya sama seperti itu,” urai Rudi.

Lanjutnya, untuk di Rutan Situbondo sendiri, Insyaallah tidak ada praktek penipuan, transaksi narkoba yang di maksud. “Di Rutan Situbondo bersih dari HP, Pungli dan Narkoba. Kalau ada pasti akan kita sikat dan tindak tegas sesuai aturan,” tegas Rudi yang memimpin razia tersebut.

Malam Hari Moro-moro Kamar Hunian Rutan Situbondo Digeledah, Ada Apa?
Petugas saat menggeledah sejumlah WBP di dalam kamar hunian Rutan Situbondo, Jawa Timur.

Dari hasil penggeledahan dan pantauan media, pada kepemimpinan Rudi selama ini mencerminkan bahwa Rutan Situbondo bersih dari HP, Pungli dan Narkoba, pelayanan petugasnya juga ramah dan sudah meningkat drastis, pembinaan berjalan dengan baik, Hak Asasi Manusia dari WBP juga benar-benar dihormati dan dijunjung tinggi.

Atas capaian itu semua, sangat wajar jika Rutan Situbondo mendapatkan sebutan Rutan Terbaik ke-2 secara Nasional dalam Hari Bakti Pemasyarakatan ke 59 kemarin. (Via/Kim)