Portal DIY

Mafilindati Nuraini Terpilih sebagai Ketua PMI Sleman

Portal Indonesia
184
×

Mafilindati Nuraini Terpilih sebagai Ketua PMI Sleman

Sebarkan artikel ini

 

SLEMAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) di Gedung Ghra Sarina Vidi Jl. Magelang Sleman, Sabtu (8/6/2024). Dalam acara tersebut Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Mafilindati Nuraini M.Kes terpilih menjadi Ketua PMI Sleman masa bakti periode 2024-2029.

Mafilindati terpilih secara aklamasi menggantikan ketua lama dr. Sunartono yang telah habis masa bhaktinya, setelah memangku jabatan sebagai ketua PMI Sleman selama 3 periode berturut-turut.
Ketua Panitia Muskab PMI Sleman, Jazim Sumirat mengatakan mekanisme pemilihan Ketua PMI Sleman dalam Muskab diawali dengan penjaringan bakal calon yang dilaksanakan di hotel Prima Sleman pada tanggal 24 Mei 2024 lalu.

Hasil penjaringan tersebut, dari tiga orang yang diusulkan peserta, yakni Mantan Sekda Sleman, Hardo Kiswoyo, sekretaris PMI Sleman Sarijan dan ketua PMI Sleman Sunartono, hanya Sunartono yang perolehan suaranya memenuhi syarat.

Namun karena dalam Muskab Sabtu siang, Sunartono menyatakan tidak bersedia dicalonkan dengan alasan sudah tiga periode menjabat sebagai ketua PMI Sleman, juga karena faktor kesehatannya yang kurang mendukung.

Oleh karenanya, dilakukan penjaringan ulang dan hasilnya, secara aklamasi terpilih sebagai ketua PMI Sleman adalah mantan Kadinas kesehatan Sleman dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes

“Selain masih berstatus sebagai pengurus PMI Sleman, Mafilindati Nuraini juga bukan orang baru di lingkungan pemerintah Kabupaten Sleman. Selain pernah menduduki jabatan Kepala Dinas Kesehatan, Ia pernah menjabat juga sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3P2KB) Kabupaten Sleman. Ia, juga Pernah menjadi Staf ahli Bupati Sleman bidang kesejahteraan rakyat.

Setelah berhasil memilih Mafilindati Nuraini sebagai ketua PMI Sleman, dilanjutkan dengan pemilihan formatur sebanyak 7 orang. Ketua formatur adalah ketua terpilih.

“Formatur bertugas memilih pengurus lengkap masa bakti 2024 – 2029. Paling lambat selama satu bulan formatur harus sudah bisa menentukan pengurus lengkap,” kata dia.

Sementara itu, Mafilindati Nuraini dalam sambutan setelah ditetapkan sebagai Ketua PMI Sleman terpilih mengaku menerima amanat ini walaupun dengan berat.

Menurut dia, terpilih sebagai Ketua benar-benar sesuatu yang tidak diduga. Sebab, permalasahan pengabdian dan jabatan, baginya sudah selesai karena telah menjalani pengabdian selama puluhan tahun di pemerintahan kabupaten Sleman.Tapi, demi eksistensi dan program yang telah direncanakan untuk membantu kemaslahatan umat, dirinya akhirnya mau menerima amanat sebagai Ketua PMI Sleman periode 2024-2029.

Meski menerima jabatan Ketua, Ia mengaku akan selalu mengharapkan bimbingan dari Ketua PMI lama, DR.dr Sunartono. Kemudian mengharapkan sinergi dan kerjasama dengan pengurus PMI Sleman yang lama maupun pengurus PMI DIY.

Dalam Muskab PMI Sleman tersebut, ada tiga agenda pokok yang dilakukan. Yaitu, selain melakukan pemilihan ketua PMI Sleman masa Bhakti 2024-2029, juga dilakukan laporan pertanggungjawaban pengurus lama, serta penyusanan program atau rencana strategi (Renstra) lima tahunan.

Selain dihadiri seluruh pengurus PMI Kabupaten dan ketua PMI Kapanewon atau Kecamatan se Kabupaten Sleman, Muskab tersebut juga dihadri oleh ketua PMI DIY GBPH Prabu Kusomo dan wakil

Bupati Sleman Danang Maharsa.
Dalam sambutanya, ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo maupun Wakil Bupati Sleman Danang maharsa sama-sama memberi aprsiasi terhadap kepengurusan PMI Sleman masa Bhakti 2019-2024 yang telah banyak membawa kemajuan PMI Sleman.

Karenanya mereka berdua berharap agar kepengurusan baru nanti dalam menjalankan tugasnya bisa membawa PMI lebih maju dan berkembang. (Brd)