Portal DIY

Libur Lebaran, GL Zoo Tambah Koleksi Satwa dan Kegiatan Interaktif

713
×

Libur Lebaran, GL Zoo Tambah Koleksi Satwa dan Kegiatan Interaktif

Sebarkan artikel ini
Libur Lebaran, GL Zoo Tambah Koleksi Satwa dan Kegiatan Interaktif
Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta saat ramai dikunjungi wisatawan (Portal Indonesia/Bambang S)

YOGYAKARTA – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta mulai ramai dikunjungi wisatawan pada lebaran hari kedua, Kamis (11/4/2024). Ribuan pengunjung tampak mulai berdatangan sejak pukul 09.00 Wib.

Asisten Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan menyebutkan, pada pukul 13.00 Wib sudah tercatat sekitar 3.500 pengunjung.

Dalam menyambut libur lebaran 1445 H kali ini, kebun binatang di Yogyakarta tersebut menambah koleksi satwa di zona cakar, berupa Hyena. Hyena merupakan karnivora berbulu kasar dan termasuk ke dalam famili Hyaenidae.

Ia sebutkan tiga jenis Hyena, di antaranya Hyena coklat (Parahyaena brunnea), Hyena belang (Hyaena hyaena) dan Hyena tutul (Crocuta crocuta). Hyena yang ada di GL Zoo jenisnya adalah Hyena tutul yang ada tersebar di benua Afrika.

Penambahan koleksi satwa di GL Zoo selalu dilakukan hampir setiap tahunnya. Tujuannya menambah nilai edukasi dan daya tarik pengunjung ke GL Zoo.

Untuk turut menyemarakan kedatangan Hyena, GL Zoo mengadakan tantangan “Zoo Scavenger Hunt”, di mana para pengunjung berupaya untuk menemukan dan foto tiga satwa cakar, di antaranya Hyena, Binturong, Buaya Senyulong yang kemudian dapat ditukarkan bibit tanaman gratis di funbooth. Selain penukaran bibit tanaman gratis, funbooth akan diisi dengan berbagai kegiatan interaktif. Seperti lukis wajah mewarnai celengan, game satwa dilindungi, pojok mewarnai, spot photobooth dan roleplay perawat satwa cilik. Tujuannya mengedukasi pengunjung terkait profesi pekerjaan yang ada di GL Zoo.

Selain kegiatan tersebut, pengunjung juga dapat memutar wheelprize untuk mendapatkan berbagai hadiah. Beberapa kegiatan funbooth gratis dan ada beberapa kegiatan yang didapatkan dari minimal pembelian empat tiket masuk GL Zoo atau minimal pembelian di Gajah Resto maupun zoovenir senilai Rp 200.000.

Dalam libur lebaran, di GL Zoo disiapkan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) yang siaga berjaga di area pusat keramaian, yaitu Plaza Lemur yang terletak di samping Gajah Resto. GL Zoo juga menyediakan petugas informan keliling dan pos informasi di depan area Plaza Lemur.
Fasilitas lain seperti payung keliling, kursi roda, stroller, wifi, masjid dan mushola, serta ruang laktasi juga disediakan bagi pengunjung.

“Dari berbagai aktivitas dan kegiatan yang kami sediakan, harapannya dapat menambah experience pengunjung di Gembira Loka,” kata Yosi.

Kegiatan ini menurutnya, sebagian besar gratis dan banyak hadiah menarik yang bisa didapatkan seperti boneka, tiket masuk GL Zoo gratis, bibit tanaman, dan masih banyak lagi.

Selama libur lebaran ini, tepatnya pada 10 – 21 April 2024, harga tiket masuk GL Zoo senilai Rp 85.000. Untuk memaksimalkan pelayanan, GL Zoo buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 Wib, dengan jam operasional dilayani hingga pukul 17.00 WIB.

Di momen libur lebaran ini, GL Zoo sengaja memberikan warna baru serta daya tarik pengunjung. Sehingga selain berfungsi menjadi lembaga konservasi dan tempat rekreasi edukatif, GL Zoo terus berupaya untuk memberikan pengalaman wisata yang berkesan dan tak terlupakan. (bams)