Lestarikan Biota Laut, Balai Konservasi Karang Lestari Tenggelamkan Terumbu Karang

Lestarikan Biota Laut, Balai Konservasi Karang Lestari Tenggelamkan Terumbu Karang
Tim penyelam saat meletakkan terumbu karang di dasar laut pantai wisata bahari pasir putih. (Photo. Arief Yuda)

SITUBONDO. portal-indonesia.com – Balai Konservasi Karang lestari membangun modul terumbu karang buatan berbentuk rumah ikan atau fish apartment untuk menjaga ekosistem laut di pantai Wisata Bahari Pasir Putih Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Minggu (3/10/2021) kemarin.

Ketua kelompok Balai Konservasi Karang Lestari Mohammad Rauf mengatakan, pemasangan fish apartment tersebut juga menjadi upaya pelestarian biota laut di sekitar yang kini habitatnya mulai rusak.

“Untuk konservasi bagaimana caranya mengembalikan populasi ikan karena terumbu karang banyak rusak,” katanya.

Rauf menambahkan, Seluruh fish apartment yang telah dibuat akan dibawa satu per satu ke tengah laut, untuk kemudian diletakan pada titik yang telah ditentukan, di kedalaman 10 sampai 15 meter.

“Nantinya, di dalam laut sudah ada tim penyelam yang bakal merakit dan mengikat fish apartment ke tempatnya agar tak hilang terbawa arus”, imbuhnya.

Penenggelaman terumbu karang buatan ini sebagai upaya menjaga ekosistem laut seperti pemasangan Fish apartment ini sangatlah penting, mengingat Pantai Bahari Pasir Putih ini telah dikenal sebagai salah satu obyek wisata bahari di Kabupaten Situbondo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: