Lengkap, Ada Sawah di Rumdin Bupati Kebumen

Lengkap, Ada Sawah di Rumdin Bupati Kebumen
Bupati dan Wabup Kebumen sedang menanam padi

KEBUMEN – Senin (1/11/ 2021) bertempat di “Kebun Kita” Rumah Dinas Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto Bupati Kebumen melakukan kegiatan tanam padi musim tanam I (MTI) Tahun 2021/2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Setda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono dan OPD terkait.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Tri Haryono menyampaikan bahwa memasuki musim penghujan dan adanya ketersediaan air para petani segera melakukan olah tanah, sebar benih dan melakukan penanaman padi MT I.

Dengan adanya kegiatan tanam padi di Kebun Kita oleh Bupati Kebumen akan menambah semangat petani untuk bisa memulai tanam MT I. Varietas padi yang ditanam di Kebun Kita adalah Inpago Unsoed PROTANI dengan keunggulan produksi dan sebagai padi fungsional yaitu kandungan protein yang tinggi.

Kegiatan “Kebun Kita” juga dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen.

Dalam kesempatannya Kadislutan Joni Hermawan menyampaikan bahwa sangat mendukung kolaborasi pertanian dengan perikanan. Harapannya ini menjadi pilot project yang bisa dikembangkan diberbagai tempat. Potensi mina padi sangatlah luas,sehingga perlu pengembangan. Kalau program ini terpadu dan terintegrasi, kedepan kecukupan pangan termasuk protein hewani akan semakin terpenuhi.

Ditengah tengah kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Tim AgriSmart yang mana diwakilkan oleh Sdri. Hikmah Agustin dan Sdr. Samsul Ma’arif. Piagam penghargaan ini diberikan atas dedikasi dan prestasi Tim AgriSmart dalam kegiatan “Kebun Kita”.

Bupati Kebumen juga berpesan agar penyuluh pertanian berjuang keras agar para petani untuk melakukan percapatan tanam karena musim penghujan sudah tiba. Terkait Kebun Kita, Bupati berharap konsep ini ada di 26 kecamatan dengan kolaborasi antar dinas terkait. “Sesempit apapun lahan kalau bisa dioptimalkan akan sangat baik, apalagi bisa terintegrasi antar pertanian dan perikanan akan sangatlah baik,” ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini dilakukan pemanenan lele jenis Sangkuriang dan Penyerahan hasil panen lele kepada petugas kebersihan oleh Bupati Kebumen. Selanjutnya Tanam Padi Inpago Unsoed PROTANI secara simbolis dengan tanam cara manual/tradisional dan dengan cara modern menggunakan Rice Transpalanter.

Sebagai penutup Bupati bersama Kadislutan, Kadistapang dan Tim AgriSmart melakukan tebar belut dilahan sawah sebagai metode polikultur mina padi belut yaitu budidaya padi dan belut secara bersama sama yang saling terintegrasi satu sama lain.

“Kebun Kita” hadir sebagai percontohan integrasi lintas sektor baik pertanian, perikanan ataupun yang lainnya, sehingga mampu meningkatkan produksi pertanian dan perikanan khususnya dikabupaten kebumen.

Ayo bertani dengan dengan kreasi dan inovasi Cepet Tandur, Cepet Panen Lur, Penyuluh Pertanian Kebumen
Aktif Kreatif Inovatif. (Wah)

Tinggalkan Balasan

error: