Lancar, Penyaluran BLT-DD dan Giat Vaksinasi di Balai Desa Suboh

Lancar, Penyaluran BLT-DD dan Giat Vaksinasi di Balai Desa Suboh
Kegiatan penyaluran BLT-DD Tahap I, II, III, dan Vaksinasi di Balai Desa Suboh, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo.

SITUBONDO — Suasana di Balai Desa Suboh, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, pada Jumat (8 April 2022) malam ba’da Shalat Tarawih, tidak seperti biasanya. Ratusan warga tampak telah berada di balai desa tersebut.

Kehadiran warga di balai desa ini, untuk menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2022 sekaligus pelaksanaan vaksinasi bagi warga yang belum melakukan vaksin dosis 1, 2, atau vaksin dosis 3.

Di lokasi tampak hadir Camat Suboh bersama Kapolsek dan Danramil Suboh, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Suboh, serta Ketua BPD Suboh.

Dalam rangkaian kegiatan penyaluran BLT-DD dan vaksinasi ini, ada sejumlah tahapan yang dilalui oleh warga yang hadir.

Lancar, Penyaluran BLT-DD dan Giat Vaksinasi di Balai Desa Suboh

Pertama, penerima BLT-DD mengisi daftar hadir lalu mengambil nomor antrean dengan menunjukkan kartu vaksin berikut KTP kepada petugas dari Puskesmas Suboh dan Desa Suboh.

Begitu pula kepada para peserta vaksin. Mereka mengisi daftar hadir dan mengambil nomor antrean.

Kemudian petugas memanggil penerima BLT-DD dan peserta vaksin sesuai nomor urut antrean.

Setelah melakukan registrasi sebelum vaksinasi, petugas dari Puskesmas Suboh melakukan medical check up kepada peserta vaksin.

Selanjutnya petugas dari Puskesmas melakukan vaksinasi kepada peserta vaksin (bagi yang dinyatakan layak vaksin), jika kondisi peserta vaksin sedang kurang baik (seperti tensi darah tinggi atau dalam fase pengobatan), maka kegiatan vaksin bagi warga tersebut ditunda.

Lancar, Penyaluran BLT-DD dan Giat Vaksinasi di Balai Desa Suboh

Setelah divaksin peserta vaksin menerima dokumen bukti selesai divaksin.

Karyadi Sekdes Suboh mengatakan, berdasarkan data sementara saat ini warga Desa Suboh yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 86 persen, dosis kedua 69 persen. “Sedangkan dosis ketiga (booster) sekitar 0,50 persen,” imbuhnya.

Disisi lain, tampak petugas dari Pemerintah Desa Suboh melakukan dokumentasi kepada setiap KPM saat menerima BLT-DD tahap I, II dan III.

Lancar, Penyaluran BLT-DD dan Giat Vaksinasi di Balai Desa Suboh

Fitriyah Kades Suboh mengatakan, malam ini dilaksanakan penyaluran BLT-DD 2022 tahap I, II, dan III (Januari, Pebruari, dan Maret).

“Ada 109 KPM (keluarga penerima manfaat) yang menerima BLT- DD tahun 2022 di Desa Suboh. Per tahap, BLT-DD yang diterima oleh setiap KPM sebesar Rp300.000,” ungkapnya.

Setelah divaksin dan menerima BLT-DD, terlihat warga meninggalkan Balai Desa Suboh dengan tertib.

“Alhamdulillah kegiatan malam ini berjalan lancar,” ujar Fitriyah Kades Suboh.

error: