Kuatkan Profil Pelajar Pancasila; Pesan Kepala SMAN 1 Sumber Saat Upacara Hari Pahlawan

  • Bagikan
Kuatkan Profil Pelajar Pancasila; Pesan Kepala SMAN 1 Sumber Saat Upacara Hari Pahlawan
Kepala SMAN 1 Sumber Daris Wibisono Setiawan Menjadi Pembina Upacara Hari Pahlawan

PROBOLINGGO. Portal-Indonesia.com  SMAN  Sumber menggelar upacara peringatan hari pahlawan bertempat di halaman sekolah (10/11). Kepala SMAN 1 Sumber Daris Wibisono Setiawan bertindak sebagai inspektur upacara menguraikan sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia mulai dari merebut, mempertahankan kemerdekaan hingga bagaimana generasi muda mengisi kemerdekaan sesuai dengan jamannya.

Dalam amanatnya, kepala sekolah menginspirasi nasional 2019 tersebut menyampaikan pentingnya penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai kompas bagi pendidik dan pelajar agar proses pembelajaran, program dan kegiatan di sekolah bertujuan akhir ke Profil Pelajar Pancasila.

“Selaras dengan tema hari pahlawan yakni pahlawanku inspirasiku maka menjadi momentum tepat bagi kita semua untuk menggali nilai-nilai karakter para pahlawan sebagai penguat profil pelajar pancasila pada jiwa kalian semua” tegas Daris.

Gelaran upacara hari pahlawan tampak berbeda dengan peringatan hari-hari besar nasional lainnya, semua warga sekolah yang menjadi peserta upacara kompak memakai atribut-atribut bernuansa masa-masa perjuangan.

Ketua panitia kegiatan peringatan hari pahlawan Farid Hermawan menegaskan ada serangkaian untuk semarak hari pahlwan antara lain; lomba puisi bertemakan pahlawan, lomba pidato, lomba pembuatan poster dan twibbon. Lomba-lomba tersebut meskipun dilaksanakan internal sekolah dan sebagai ajang kompetisi antar peserta didik SMAN 1 Sumber, namun kegiatan perlombaan berlangsung sangat meriah.

“Alhamdulilah upacara berlangsung lancar, lomba sedang berlangsung, sementara itu puncak peringatan hari pahlawan nanti kita akan turun gunung ke kota, perwakilan siswa dan guru juga melakukan tabur bunga di makam pahlwan” imbuh Farid.

Sementara itu, Waka Kurikulum SMAN 1 Sumber Muhammad Fachrur Rozi mengaku akan segera menindaklanjuti amanah kepala sekolah terkait penguatan profil pelajar pancasila.

“Segera kita adakan workshop kurikulum untuk integrasikan profil pelajar pancasila kepada RPP semua mata pelajaran sekolah” tegas Rozi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: