Kopi Situbondo Terobos Pasar internasional, Bung Karna : Kita Harus Lebih Membranding

waktu baca 3 menit
Minggu, 28 Agu 2022 12:39 0 5 Redaksi

SITUBONDO — Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi menandatangani kontrak kerjasama atau MoU dengan UMKM Dunia dan 6 Bayer yang ahli pada pemasaran kopi, Sabtu (27/8/2022). Hal ini sebagai upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo untuk lebih meningkatan akses pasar produk unggulan kopi Situbondo ke tingkat nasional dan internasional.

Penandatangan yang berlangsung diatas panggung Naff pada acara Festival Kopi dan Tembakau serta ngopi bareng dengan Bupati Situbondo ini, disaksikan oleh Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Samsul Widodo pada Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI, Kadiskop dan UMKM Jawa Timur, Kadisperindag Provinsi Jawa Timur, Kepala Bea Cukai Jember, Forkopimda Situbondo, para buyer, kepala OPD Pemkab Situbondo, para camat dan ribuan masyarakat Situbondo yang menyaksikan pertujukan Group Band Naff di Alun-Alun Situbondo.

Bupati Situbondo Karna Suswandi dihadapan sejumlah wartawan menjelaskan bahwa, kopi Arabika asal Situbondo pada tahun 2010 pernah meraih juara 1 tingkat nasional dan kopi robusta pada tahun 2017 juga pernah meraih juara 1 tingkat nasional. “Ini artinya bahwa kwalitas kopi dari Situbondo mampu bersaing dengan kopi dari asal daerah lain di Indonesia,” kata Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna.

Saat ini, sambung Bupati Situbondo, para produsen dan UMKM kopi tinggal meningkatkan atau menjaga kwalitas citra rasa kopi asal Kabupaten Situbondo. “Kopi kita sudah ekspor, tapi kita harus lebih membranding kopi Situbondo melalui mesin pencarian google agar mampu menerobos pasar nasional maupun internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan bahwa, kedatangan para bayer sekaligus melakukan menandatangani kontrak dengan UMKM Dunia dan PT Elevania tentang peningkatan akses pasar produk unggulan Situbondo perlu dilakukan. “Atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan bayer menyaksikan festival kopi dan tembakau Situbondo sekaligus melakukan MoU,” tuturnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikannya, Bupati kelahiran Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo ini mengatakan bahwa, para bayer sudah melihat sendiri potensi kopi Situbondo dan sudah mencicipi kenikmatan citra rasa kopi Kabupaten Situbondo dan memberi nilai 80.

“Setelah mencicipi citra rasa kopi Situbondo, Pak Teddy salah satu bayer mengatakan siap memasarkan kopi Situbondo bukan hanya di Indonesia tapi akan memasarkan kopi Situbondo hingga ke dunia internasional. Dengan demikian, saya berharap masyarakat Kabupaten Situbondo yang bergerak pada produsen dan UMKM kopi agar terus menjaga kwalitas kopi Kabupaten Situbondo,” pungkas Bupati Karna.

Sementara itu, Tedy Somantri Sponder atau Presiden Direktur PT Javanero Indonesia Arta yang telah melakukan Cupping kopi Situbondo mengatakan bahwa, potensi kopi dari daerah Kabupaten Situbondo ini cukup bagus dan semoga kopi Situbondo segera naik tingkat dan kemudian kopi Situbondo diketahui oleh masyarakat Indonesia maupun manca negara.

“Selama ini dalam pencarian mesin google kopi Situbondo tidak ditemui. Citra rasa Kopi Situbondo juga tidak kalah dengan kopi-kopi daerah lain di Indonesia. Untuk itu, agar kopi Situbondo brandingnya naik, maka saya dari PT Javanero Indonesia Arta akan memberikan wawasan kepada para petani kopi Situbondo agar terus menjaga kwalitas kopinya,” jelas Tedy Buyer PT Javanero.

Ia juga menjelaskan bahwa, jika bicara masalah kopi, maka seharusnya semua daerah miliki kwalitas atau SOP yang seragam. “Saya punya keyakinan citra rasa kopi Situbondo bisa dipasarkan. Kalau buat saya, ciri khas atau citra rasa kopi Situbondo memiliki frute dan rasa tembakaunya sangat kuat,” pungkas Tedy Somantri, Presiden Direktur PT Javanero Undonesia Arta.(via)

Redaksi

Media Siber Nasional Portal Indonesia yang menyajikan Berita Terkini dengan slogal Mengupas Berita Seputar Fakta

IKLAN MUBAR

IKLAN SITUBONDO

IKLAN KPU MUBAR

IKLAN KOTA PASURUAN

IKLAN BONDOWOSO

IKLAN BONDOWOSO

IKLAN BONDOWOSO

IKLAN DPRD SIDOARJO

IKLAN PDAM SIDOARJO

IKLAN PASURUAN

IKLAN DPRD MUBAR

error: