Portal DIY

KONI Sleman Kembali Gelar Porkab, Setelah sejak 2018 Ditiadakan

11
×

KONI Sleman Kembali Gelar Porkab, Setelah sejak 2018 Ditiadakan

Sebarkan artikel ini
KONI Sleman Kembali Gelar Porkab, Setelah sejak 2018 Ditiadakan
Deville atlet Porkab Sleman (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Setelah Pandemi Covid-19 dipandang reda, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sleman, daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ahun 2023.

Penyelenggaraan Porkab dibuka oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Lapangan Pemda, Sabtu (6/5/2023).

Pembukaan event olahraga dua tahunan ini, pelaksanaanya diawali defile atlet Porkab dari 17 Kapanewon, dengan diiringi pasukan Drumband SMKN Cangkringan dan purna Paskibra Indonesia Kabupaten Sleman. Selain itu juga ditandai pelepasan 17 burung merpati oleh para pejabat Forkopimda Sleman.

Dalam laporanya, Ketua Umum KONI Sleman, Joko Hastaryo mengatakan, dilepasnya 17 burung merpati ini sebagai lambang para peserta Porkab Sleman semuanya berasal dari 17 wilayah Kapanewon se Kabupaten Sleman.

Menurut Joko Hastaryo, Porkab Kabupaten Sleman diselenggarakan dua tahun sekali , dan terakhir dilaksanakan pada tahun 2018 lalu. Setelah dua edisi vakum karena pandemi Covid-19, Porkab Sleman baru bisa diselenggarakan kembali pada tahun 2023 ini.

“Porkab Sleman baru dapat dilaksanakan kembali tahun ini (2023). Jika sebelum pandemi Covid-19, Porkab Sleman hanya mempertandingkan 8 cabang olahraga, tetapi Porkab tahun 2023 ini mempertandingkan 9 cabang olahraga anggota KONI,” kata Joko.

Sembilan Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porkab tersebut, diantyaranya Bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, atletik, taekwondo, sepak takraw dan catur. #7 cabang olahraga lain anggota KONI Sleman yang tidak dipertandingkan dalam Porkab ini, atletnya akan dipertandingkan melalui Kejurkab.

KONI Sleman Kembali Gelar Porkab, Setelah sejak 2018 Ditiadakan
Pelepasan burung merpati tanda pembukaan Porkab Sleman (Brd)

Sedang atlet yang terlibat dalam Porkab tahun 2023 ini berjumlah 1.165 atlet, terdiri dari 770 atlet putra dan 395 atlet putri, serta ofisial sebanyak 223 orang.

“Dari 9 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porkab 2023, ada 16 medali emas yang diperebutkan. Dan gelaran Porkab akan berlangsung mulai 6 Mei 2023 sampai dengan 13 Mei 2023,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa kegiatan Porkab ini merupakan salah satu wahana untuk mengevaluasi prestasi para atlet dan pembina cabang olah raga prestasi di Kabupaten Sleman.

“Melalui ajang Porkab ini, kemampuan, fisik, mental dan skill hasil latihan para atlet dapat diketahui kualitas dan efektivitasnya,” katanya.

Kustini juga menyebut pelaksanaan Porkab ini dapat menjadi salah satu alternatif yang akan berperan sebagai wadah pembinaan olah raga yang dilakukan secara terukur dan berkesinambungan.

Ia juga berharap melalui Porkab ini akan terjaring atlit-atlit berprestasi untuk membawa nama harum Kabupaten Sleman baik ditingkat regional, nasional dan internasional. (Brd)